Wednesday, 30 Sep 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Awas, Puluhan Juta Pengguna Aplikasi Browser Ini Terancam Spyware

Indah Pratiwi - 19/06/2020 13:18 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Peretasan menggunakan spyware berhasil terbongkar yang bersembunyi di aplikasi browser Google Chrome yang rupanya telah didownload sebanyak 32 juta kali pengguna di dunia.

Peneliti Awake Security menyebutkan, kebanyakan menyoroti industri teknologi untuk melindungi keamanan browser seperti e-mail, sistem pembayaran dan sebagainya. Namun, Google rupanya telah mendeteksi 70 add-on extension berbahaya dari toko Web Chrome resminya yang dilaporkan peneliti tersebut.

"Ketika kami diberitahu tentang ekstensi di Web Store yang melanggar kebijakan kami, kami mengambil tindakan dan menggunakan insiden tersebut sebagai materi pelatihan untuk meningkatkan analisis manual dan otomatis kami," kata juru bicara Google Scott Westover dilansir dari Reuters, Jumat (19/6/2020).

Eksetensi gratis itu memperingatkan pengguna tentang situs web yang dipertanyakan atau mengonversi file dari satu format ke format lainnya yang dikirim menggunakan aplikasi browser.

Selain itu, spyware yang tertanam menarik penelusuran dan data yang memberikan kredensial untuk akses ke alat bisnis internal mereka sehingga rawan disalah gunakan.

Namun yang membuat kendala Awake Gary Golomb, berdasarkan jumlah unduhan, itu adalah serangan dengan jumlah terbanyak melalui Chrome Web Store yang berbentuk eksetensi.

Selain itu Google menolak cara kerja spyware baru ini dari serangan sebelumnya, luasnya kerusakan. Google sendiri tidak mendeteksi dan menghapus ekstensi buruk di chorme buatannya.

Belum diketahui siapa dibalik yang mendistribusikan malware. Awake mengatakan pengembang ekstensi jahat ini memberikan laporan palsu saat ekstensi tertanam pada perangkat korban.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA