Tuesday, 29 Sep 2020
Temukan Kami di :
Politik

Anies Dinobatkan Sebagai Gubernur Terbaik Sedunia, Benarkah?

Aisyah Isyana - 12/06/2020 13:52

Beritacenter.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut sebagai gubernur terbaik sedunia dalam menangani virus Corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan akun Facebook ayu.prasetyaningrum disertai video sebagai pemanis postingannya.

"GUBERNUR JAKARTA ANIES BASWEDAN MENDAPAT PENGHARGAAN TERBAIK DI SELURUH DUNIA DALAM PENANGANAN COVID-19," narasi dalam postingannya.

Dalam video yang diunggah menunjukkan salah satu acara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Cities Against Covid-19 (CAC) pada 2 juni 2020.

Benarkah Anies Baswedan sebagai gubernur terbaik sedunia?.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, klaim yang menyebut Anies mendapat penghargaan terbaik di seluruh dunia dalam penanganan Covid-19 adalah salah.

Dalam acara tersebut tidak ada sesi pemberian penghargaan gubernur terbaik dalam penanganan COVID-19, termasuk kepada Anies Baswedan di acara Mayoral Meeting, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Cities Against Covid-19 (CAC) GLOBAL SUMMIT 2020-Virtual yang diselenggarakan Selasa, 2 Juni 2020.

Dalam KTT itu, Anies memang didaulat sebagai salah satu pembicara utama bersama Wali Kota London, Gubernur Maryland, dan Wali Kota Moskow.

Sebelumnya, video yang diunggah akun tersebut pernah diunggah oleh Gubernur DKI Jakarta di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, pada 6 Juni 2020/

Dalam KTT ini CAC ini, Gubernur DKI Jakarta memang didaulat sebagai pembicara utama dalam Mayoral Meeting.

Selain Gubernur DKI Jakarta, ada pula pembicara utama lain, yakni Gubernur Maryland (Amerika Serikat), Wali Kota London (Inggris), dan Wali Kota Moskow (Rusia), serta pembicara kunci, yakni Wali Kota Seoul (Korea Selatan), Park Wonsoon. Namun, dalam KTT CAC itu, tidak disebutkan bahwa terdapat pemberian penghargaan gubernur terbaik, termasuk kepada Anies.

KESIMPULAN:

Tidak ada sesi pemberian penghargaan gubernur terbaik dalam penanganan COVID-19, termasuk kepada Anies Baswedan di acara Mayoral Meeting, KTT Global Cities Against Covid-19 (CAC) yang diselenggarakan Selasa, 2 Juni 2020. Dalam KTT itu, Anies memang didaulat sebagai salah satu pembicara utama bersama Wali Kota London, Gubernur Maryland, dan Wali Kota Moskow.

 




Berita Lainnya

MANTAP...! Gibran Blusukan Online

28/09/2020 08:35 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA