Wednesday, 30 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Pemerintah soal Kasus Baru Corona Nyaris Seribu : Banyak Test, Tracing Juga Makin Luas

Aisyah Isyana - 07/06/2020 10:25

Beritacenter.COM - Pemerintah mencatat penambahan kasus baru virus Corona (COVID-19) di Indonesia sebanyak 993 kasus per 6 Juni. Pemerintah menyebut jumlah itu didapat setelah banyaknya tes spesimen dan tracing yang kian gencar dan luas dilakukan belakangan ini.

"Salah satunya itu (banyak tes spesimen), di samping tracing-nya juga semakin luas juga," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Yuri), saat dihubungi, Sabtu (6/6/2020).

Baca juga :

Yuri berharap masyarakat tak hanya melihat jumlah kasus baru, namun juga melihat sebaran wilayah dilakukannya tes. "Jangan cuma lihat jumlahnya, lihat juga sebaran provinsinya, kan ada data tabelnya," sambungnya.

Selain itu, masyarkat juga diminta untuk memantau jumlah pasien sembuh yang terus meningkat dari hari ke hari. "Setelah kamu lihat sebarannya, kemudian kamu lihat juga yang sembuh, jadi jangan hanya yang sakit, yang sembuh juga makin banyak," sebut Yuri.

Menurutnya, sebagaian besar pasien Corona yang mendapat perawatan, dinyatakan sembuh setelah daya tahan tubuh mereka berangsur membaik. Sementara jumlah pasien sembuh karena terapi plasma darah terpantau tak terlalu banyak.

"Tidak semua sembuh itu karena plasma darah. Sebagian besar malah tidak pakai plasma darah malah, plasma darah itu kan masih trial itu. (Sebagian besar sembuh) iya karena daya tahan tubuhnya makin baik," ujar Yuri.

Untuk diketahui, kasus baru pasien virus Corona kembali mencapai angka tertinggi, yakni tambahan 994 kasus baru pada 6 Juni 2020. Dengan tambahan itu, total kasus positif virus Corona bertambah menjadi 30.514 kasus positif, dengan rincian 1.801 meninggal, 9.907 orang sembuh, dan 18,806 lainnya dalam perawatan.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA