Monday, 13 Jul 2020
Temukan Kami di :
Internasional

Setelah Hong Kong, AS Diguncang Kerusuhan Hebat

Indah Pratiwi - 01/06/2020 09:16

Beritacenter.COM - Pemerintah China menyinggung Amerika Serikat (AS) lantaran banyak kota di Amerika yang dicekam oleh protes dan kerusuhan hebat.

Hal ini sebagai wujud balas dendam Tiongkok lantaran kesal atas kritik dari negara-negara, terutama AS saat kerusuhan besar di Hong Kong tahun lalu.

Kerusuhan di Amerika Serikat terjadi atas ketidaksetaraan rasial dan kebrutalan polisi AS pasca kematian seorang pria kulit hitam tak bersenjata George Floyd.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi menyebut, Hong Kong 'juga pernah menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat. Politisi AS sekarang dapat menikmati pemandangan ini dari jendela mereka sendiri.

"Seolah-olah para perusuh radikal di Hong Kong entah bagaimana menyelinap ke AS dan menciptakan kekacauan seperti yang mereka lakukan tahun lalu," lanjut dia, seperti dikutip AFP, Minggu (31/5/2020).

Selain itu "pasukan asing" yang pernah ada di China juga harus disalahkan atas kekacauan di Hong Kong, tempat para demonstran pro-demokrasi yang digambarkan oleh Beijing sejak Juni tahun lalu dan sering bentrok dengan polisi yang menyebabkan kekacauan hebat.

Hal itu terjadi saat setelah muncul pengumuman Presiden AS Donald Trump bahwa dia akan mencabut hak istimewa khusus Hong Kong.

"Lebih baik menyerah (untuk) mimpi itu dan kembali ke kenyataan," tulis media tersebut. 



Berita Lainnya

Pemerintah Prancis Terancam Bubar

03/07/2020 17:48 - Indah Pratiwi

India Ngamuk Ancam China Dengan Rudal

30/06/2020 17:04 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA