Wednesday, 15 Jul 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Keren, Jokowi Luncurkan Puluhan Alat Riset Teknologi Lawan Corona Buatan Anak Bangsa

Indah Pratiwi - 20/05/2020 14:02

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo(Jokowi)  resmi memperkenalkan riset teknologi(Ristek) dan inovasi percepatan penanganan Corona COVID-19. Dalam hal ini ada 55 produk Ristek merupakan buatan Indonesia.

"Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan anak bangsa dari tangan kita sendiri mampu menghasilkan karya yang sangat dibutuhkan," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya seperti yang disiarkan dalam saluran YouTube resmi KemenRistek/Brin, Rabu(20/5/2020).

Jokowi menambahkan, ada banyak produk inovasi dilihat sexara langsung di Istana Negara. Salah satunya PCR test kit COVID-19, Rapid Diagnostic TESR IgG/IgM COVID-19, emergency ventilator, imunomodulator herbal asli Indonesia, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2 , sistem AI untuk deteksi COVID-19, Medical Assistant Robot RAISA Autonomus UVC mobile Robot, powered air purifiying respirator.

"Kemarin saya liat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya sudah bisa produksi berapa sudah 100 ribu kalau diproduksi langsung jalan. PCR test kit juga sama apakah bisa produksi sudah uji dan bisa berproduksi di atas 100 ribu," kata Presiden.

Selain itu, ia melihat ventilator emergency karya BNPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, PT Polijaya yang sudah mulai membuat ventilator dan tinggal melakukan produksinya secara massal.

"Ada juga mobile BSL-2 laboratory ini juga sudah bisa kita kerjakan sendiri, ada produk imuno modulator bisa kita bikin sediri, untuk deteksi COVID ini juga bisa kita kerjakan sendiri," kata Jokowi.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA