Wednesday, 30 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Soal Anies Posting Paket Bansos Bertulis 'Dibiayai APBD DKI, Golkar: Semua Juga Tahu Asal Dananya

Saya kira semua juga tahu bahwa bantuan sosial itu ada yang berasal dari APBN dan ada yang berasal dari APBD

Aisyah Isyana - 20/05/2020 09:55

Beritacenter.COM - Partai Golkar angkat bicara soal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memposting bantuan sosial Corona yang bertuliskan dibiayai APBD DKI. Dalam hal ini, Golkar menilai semua orang juga mengetahui jika bantuan itu berasal dari anggaran negara.

"Saya kira semua juga tahu bahwa bantuan sosial itu ada yang berasal dari APBN dan ada yang berasal dari APBD. Apa yang dilakukan oleh Kementerian Sosial sumbernya juga APBN, ada yang juga berasal dari APBN yang didistribusikan presiden. Tapi kita tahu juga presiden lembaga negara atau orang perorang," kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Baca juga :

Ditengah situasai pandemi Corona (Covid-19) saat ini, Ace berharap semua pihak seharusnya dapat bersatu untuk membantu masyarakat. Dalam kondisi saat ini, Ace menilai semua pihak seharusnya dapat menempatkan bantuan sebagai bentuk kehadiran pemerintah, tanpa harus melihat apakah itu dari pusat atau daerah.

"Saya kira dalam situasi begini kita lebih baik menempatkan bantuan tersebut harus ditempatkan sebagai bentuk kehadiran negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus dilihat apakah itu berasal dari pusat atau dari daerah. Ya semuanya harus bahu-membahu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu," ungkapnya.

Meski begitu, Ace pun tak memungkiri jika masyarakat juga perlu mengetahui sumber bantuan itu berasal. Pasalnya, hal itu sebagai salah satu bentuk pertanggung jawabban.

"Iya sebaiknya menurut saya sebagai bagian dari pertanggungjawaban publik sebaiknya harus disebutkan bahwa memang sumbernya itu mana yang bersumber dari APBN, mana yang dari APBD, karena itu kan juga uang rakyat," jelasnya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Anies Baswedan mengunggah beberapa foto melalui akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, saat mengawal pembagian sembako, Senin (18/5). Pada paket bantuan itu, terdapat keterangan jika bantuan berasal dari pembiayaan APBD DKI.

"Sejak 14 Mei 2020 lalu Pemprov DKI Jakarta sudah kembali menyalurkan bantuan sembako kepada warga, yang karena kondisi perekonomian masa pandemi, membutuhkan bantuan. Saat terjadi pandemi, interaksi fisik antar-orang harus dikurangi untuk memutus mata rantai virus corona. Itu sebabnya diberlakukan #PSBBJakarta. Bagi warga yang tidak memiliki tabungan dan kondisi ekonomi pas-pasan maka bantuan pangan amat dibutuhkan. Distribusi bantuan ini berlangsung bertahap sampai tanggal 22 Mei 2020," tulis Anies dalam deskripsi foto yang diunggah.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA