Tuesday, 18 Jan 2022
Temukan Kami di :
Nasional

MUI Jabar Himbau Warga untuk Salat Idul Fitri di Rumah saat Pandemi Corona

Dewi Sari - 19/05/2020 17:10

Beritacenter.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat menghimbau kepada warga Jabar untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijiriyah di rumah masing - masing. Hal itu mengingat adanya pandemi virus Corona atau Covid - 19 belum selesai.

Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe'i mengatakan bahwa masyarakat diminta untuk melaksanakan takbiran dan salat Idul Fitri di rumah sesuai dengan fatwa MUI pusat. Sementara warga di daerah berstatus zona hijau atau terbebas dari penyebaran COVID-19 berdasarkan hasil kajian para ahli yang kredibel, dapat melaksanakan salat Idul Fitri di lahan terbuka maupun masjid.

"Namun untuk mendapat kepastian itu sangat sulit. Hal itu juga dibenarkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengakui bahwa di Jabar belum ada zona hijau COVID-19," jelas Rachmat dalam konferensi pers di Kantor MUI Jabar, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (19/5/2020).

Rachmat mengatakan banyak masyarakat antusias menggelar salat Idul Fitri dilahan terbuka atau masjid sangat tinggi. Terlebih, pelaksanaan salat Idul Fitri memang disunnahkan digelar di lapangan terbuka atau masjid.

"Ini memang sulit, tapi karena kondisi sekarang berbeda, masyarakat lebih baik salat Ied di rumah," tegas Rachmat.

Meski begitu, tambah Rachmat, jika masih ada warga yang tetap melaksanakan salat Idul Fitri bersama-sama di lahan terbuka atau masjid, pihaknya mengingatkan agar warga mematuhi protokol pencegahan penularan COVID-19.

"Harus tetap memenuhi protokol kesehatan. Memang memberatkan, tapi sudah lah, (salat Idul Fitri) lebih baik di rumah," tandasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA