Wednesday, 28 Jul 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Ratusan Karyawan Gelar Aksi Demo di Depan PT Tyfountex Sukoharjo Tuntut Gaji dan THR

Baharuddin Kamal - 13/05/2020 18:41 Karyawan garmen di Sukoharjo demo dan blokade jalan pabrik.

Beritacenter.COM - Para pekerja menggelar aksi demo di depan pabrik garmen PT Tyfountex, Jalan Slamet Riyadi, Desa Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (13/5/2020). Para karyawan yang dirumahkan sejak 30 April itu menuntut pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR).

Selain melakukan orasi, pendemo tersebut juga menutup pintu masuk pabrik, sehingga mengakibatkan aktivitas di PT Tyfountex terganggu.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan para pekerja terhadap perusahaan yang telah merumahkan karyawan, namun belum memenuhi hak berupa gaji bulan April dan THR.

"Para buruh ini berkerja penuh sepanjang bulan April, tapi gaji sampai sekarang tidak dibayarkan. Kami datang ke sini menanyakan hak gaji dan THR yang belum dibayar," kata Perwakilan Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) Mardiyanti.

Mardiyanti menjelaskan, ada sekitar 1.200 karyawan yang hingga saat ini belum menerima gaji bulan April. Para buruh khawatir molornya pembayaran gaji berimbas pada pembayaran THR.

"Kami mohon persoalan ini jangan dianggap remeh perusahaan," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Industrial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispenker) Sukoharjo, Suharno, menyampaikan, hasil mediasi selama dua jam antara kedua belah pihak menghasilkan titik temu. Di mana manajemen mengutamakan pembayaran gaji kepada karyawan aktif sekitar 1.000 orang. Sementara perwakilan buruh meminta 2.438 karyawan yang dirumahkan agar gaji yang belum dibayar segera dilunasi.

"Hasil mediasi yang kita lakukan siang ini deadlock. Manajemen PT Tyfountex tidak bisa memberi kepastian, sehingga meminta mediasi dilanjutkan lain waktu. Termasuk pembayaran THR juga belum jelas," pungkas Suharno.

 




Berita Lainnya

Gempa M 5,2 Guncang Pacitan Jatim

27/07/2021 23:55 - Anas Baidowi

Bocah 6 Tahun Tewas Terlindas Truk

27/07/2021 08:54 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA