Tuesday, 20 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Travel Gelap Nekat Selendupkan Pemudik Selama Pandemi Bakal Kena Pidana

Sekali lagi, kalau ini ketahuan dan dapat membahayakan keselamatan masyarakat di daerah asal atau di kampungnya, maka mereka yang melanggar ketentuan PSBB itu bisa dikenai Pasal 93 UU 6/2018 yaitu pidana dan denda

Aisyah Isyana - 11/05/2020 13:20

Beritacenter.COM - Pemerintah memastikan bakal menindak tegas penyedia jasa travel gelap yang menyelundupkan para pemudik. Dalam hal ini, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan akan ada sanksi bagi parapenyedia jasa travel yang masih nekat menyelundupkan pemudik.

"Kami juga dapat informasi adanya sejumlah travel yang berusaha menjaring para pemudik untuk pulang. Sekali lagi, kalau ini ketahuan dan dapat membahayakan keselamatan masyarakat di daerah asal atau di kampungnya, maka mereka yang melanggar ketentuan PSBB itu bisa dikenai Pasal 93 UU 6/2018 yaitu pidana dan denda," kata Doni dalam Rapat Terbatas yang disiarkan akun YouTube Sekretaris Kabinet, Senin (11/5/2020).

Baca juga :

Ditengah pandemi Corona (Covid-19) saat ini, Doni menyebut keputusan untuk tidak mudik adalah keputusan yang bijaksana. Pasalnya, penyebaran virus Corona akan terus meluas jika masyarkat masih melakukan mudik.

"Sekali lagi kita harus sayang dengan diri kita, kita juga harus sayang dengan keluarga kita. Kalau kita sayang sama keluarga di kampung, maka untuk sementara waktu jangan mudik dulu, jangan bertemu dengan orang-orang yang dicintai di kampung halaman. Cukup lebaran dengan metode virtual," ungkap dia.

Untuk itu, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ini mengimbau masyarakat agar bersabar dan tetap disiplin terlebih dahulu guna memutus rantai penularan. Harapanya, kedepannya masyarakat dapat lebih cepat memulai kehidupan dengan normal.

Dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19, Doni mengungkap jika tim Gugus Tugas COVID-19 sudah 9 pekan tidak pulang ke rumah dan tetap bekerja di kantor. Doni menyebut hal itu sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menangani Corona.

Untuk itu, Doni mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif dalam melawan virus Corona. Dia meyakini jika pandemi ini dapat dilewati dengan perjuangan bersama.

"Kesabaran kita, kedisiplinan kita akan bisa melindungi diri kita, melindungi keluarga kita, dan masyarakat sekitar kita. Kita harus bisa menunjukkan diri kita sebagai patriot dan menjadikan diri kita sebagai bagian pahlawan keselamatan ketika kita bisa selamatkan masyarakat lainnya," kata Doni.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA