Wednesday, 15 Jul 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Tangkap 8 Pelaku Penguras ATM Milik Driver Taksi Online yang Viral di Medsos

Baharuddin Kamal - 28/04/2020 18:22 Ilustrasi.

FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian berhasil menangkap 8 pelaku pembobol ATM milik seorang driver taksi online yang sempat viral di media sosial. Delapan pelaku tersebut merupakan warga asal Lampung.

"Sempat viral di medsos, ada seorang driver taksi online yang dia curhat bahwa ATM-nya ada yang mencuri sebanyak Rp100 juta, yang dia kumpulkan selama 7 tahun. Dia sangat sedih sekali, kerja banting tulang siang malam, harapan mau membeli rumah tapi saat dia cek, hilang uangnya itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat siaran langsung, Selasa (28/4/2020).

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Yusri, para pelaku menggunakan tusuk gigi untuk mengganjal lobang mesin ATM. Komplotan itu kerap menjalankan aksinya di mesin ATM minimarket serta SPBU di Jakarta dan Bekasi.

Sedangkan terkait pembobolan ATM milik MA (sopir taksi online), terjadi di kawasan Cibitung, Bekasi, Kamis (23/4). Saat itu, ATM yang korban masukan ke dalam mesin terganjal hingga tak bisa ditarik keluar.

Kemudian para pelaku datang dan seolah-olah menawarkan bantuan. Lalu, para pelaku menukar ATM korban dengan yang palsu. Setelah korban pergi, para pelaku langsung menguras isi ATM korban. Sementara MA yang baru menyadari ATM nya telah dikuras langsung melapor ke Polda Metro Jaya.

"Ada 1 orang yang masih DPO, kami terus kejar," tambah Yusri

Dari pengakuan tersangka, mereka sudah 3 kali melakukan aksi yang sama hingga meraup keuntungan sebesar Rp100 juta. Atas perbuatan itu, para pelaku dikenai Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Mereka diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA