Thursday, 01 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Gugus Tugas Bikin 'Sistem Bersatu Lawan COVID-19', Ini Tujuan dan Manfaatnya

Lukman Salasi - 28/04/2020 10:35

BeritaCenter.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 nasional akan membuat sistem data khusus terkait pandemi virus Corona di Indonesia. Nantinya, semua data akan menjadi satu dan bisa diakses masyarakat.

Anggota tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan sistem tersebut dinamakan 'Sistem Bersatu Lawan COVID-19'.

"Data ini, atau yang akan kami sebut 'satu data'. Dalam hal ini merupakan navigator dalam pembuatan suatu kebijakan di pemerintah dengan keputusan yang tepat sasaran. Dalam perjalanannya, pengimplementasian satu data, diperlukan suatu perjalanan yang panjang dan memerlukan dukungan dari semua pihak," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube BNPB, Senin (27/4/2020).

Wiku menjelaskan, Sistem Bersatu Lawan COVID-19 merupakan sarana bagi pemerintah untuk membuka data-data yang berkaitan dengan penanganan penyebaran virus yang awalnya mewabah di Wuhan, China, itu. Dia memastikan seluruh masyarakat nantinya akan dapat mengakses data tersebut.

"Manfaat dari Sistem Bersatu Lawan COVID-19 ini adalah dapat menjadi suatu bentuk untuk menjamin keterbukaan data dan informasi untuk masyarakat dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan COVID-19 di seluruh Indonesia," sebutnya.

Wiku berharap sistem tersebut dapat menjadikan masyarakat lebih waspada. Dia juga berharap agar sistem tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Corona.

"Dengan adanya keterbukaan informasi ini, kita dapat menjadi lebih waspada dan bisa bersama-sama dengan tetap tenang dalam menghadapi pandemi ini," ucap Wiku.

"Selain itu, diharapkan dengan informasi yang tersedia, kita dapat menumbuhkan kesadaran bersama untuk menjaga diri sendiri, menjaga orang lain, dalam semangat gotong royong," imbuhnya.




Berita Lainnya

Kata Pedagang ke Jokowi : Virus Corona itu 'Iblis'

30/09/2020 16:20 - Baharuddin Kamal

SI PEMBUAT GADUH "Akhirnya Ditolak DIMANA-MANA"

30/09/2020 10:10 - Indah Pratiwi Budi

Penolakan Terhadap KAMI Si Pembuat Gaduh

29/09/2020 17:25 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA