Thursday, 01 Oct 2020
Temukan Kami di :
Internasional

Ini Usulan Bos Microsoft Cegah Gelombang Kedua Pandemi Corona

Aisyah Isyana - 27/04/2020 18:11

Beritacenter.COM - Bos Microsoft Bill Gates memberikan sejumlah usulan guna mengurangi resiko terjadinya gelombang kedua pandemi Corona (Covid-19). Gates memberikan usulan usai sejumlah negara bagian di Amerika Serikat (AS) berencana melonggarkan pembatasan sosial dan kebijakan diam dirumah.

Mengingat pelonggaran pembatasan itu berpotensi memicu terjadinya penyebaran virus Corona. Terlebih, para peneliti kesehatan juga menyarankan agar tidak ada negara bagian yang membuka kembali pembatasannya sebelum 1 Mei.

Baca juga :

Dalam hal ini, Bill Gates menilai jika pelonggaran locdown atau upaya untuk membuka kembali ekonomi negara di bagian negara AS, seharusnya dipertimbangkan kembali dengan matang. Pasalnya, pelonggaran itu akan memicu kemungkinan datangnya wabah gelombang kedua yang lebih parah.

"Jika mereka membuka ekonominya, mereka bisa kembali melihat pertumbuhan eksponensial [infeksi virus corona] dan bersaing dengan yang terjadi di New York," jelas Bill Gates, seperti dilansir dari CNN International, Senin (27/4/2020).

Gates menilai, upaya membuka ekonomi tanpa persiapan yang matang dapat memperlambat pemulihan negara terhadap pandemi yang terjadi. Untuk itu, Gates mengusulakan agar upaya pembukaan ekonomi dapat dilakukan secara bertahap sebagaiamana rekomendasi dari pakar kesehatan dan ekonom, termasuk rekonmendasi World Health Organization (WHO).

Bill Gates menilai, pembukaan yang dilakukan bertahap itu harus mengutamakan elemen masyarakat mana yang harus kembali bekerja. Menurutnya, pembukaan harus difokuskan pada sektor yang berpengaruh pada ekonomi terlebih dahulu, seperti sekolah, manfaktur, dan kontruksi.

Setelah semua kembali beroperasi, fasilitas-fasilitas itu wajib memperhatikan penggunaan masker dan jaga jarak sosial. Jika sektor bisnis dan sekolah sudah kembali beroperasi, komunitas di wilayah tetap harus memantau dan melacak efek serta percepatan infeksi.

Selanjutnya, pemerintah juga harus melakukan diagnosa kesehatan dan pelacakan kontak (contact tracking) secara serius. Dengan begitu, jika ada kasus positif baru, perusahaan dapat cepat melacak siapa saja orang yang sempat melakukan kontak dan berpotensi tertular.

Selanjutnya, Bill Gates juga mengusulkan agar pemerintah terus melakukan jutaan tes berkala ketika pembatasan dibuka. Guna mencegah gelombang kedua, dia menilai perlu dilakukan 400 hingga 500 ribu pengetesan per hari untuk mencegah wabah gelombang dua.

"Ketika semua berjalan kembali normal, kita tidak tahu aktivitas mana yang akan menciptakan risiko peningkatan wabah (gelombang dua)?" jelasnya.

"Kita perlu melakukan pengujian yang sangat ketat, sehingga Anda bisa mendeteksi ketika terjadi peningkatan penularan (gelombang dua) ke angka yang eksponensial dan tidak membuat ICU sesak dan banyak kematian. Jika Anda menemukan hot spot, Anda bisa memahami aktivitas apa yang menyebabkan hal itu."




Berita Lainnya

Arab Saudi Resmi Buka Kembali Ibadah Umrah

23/09/2020 07:29 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA