Thursday, 13 Aug 2020
Temukan Kami di :
Politik

MANTAB... KKP Berhasil Lumpuhkan Beberapa Kapal Asing yang Mencuri Ikan di Perairan Sulawesi...

Kali ini, Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) menangkap kapal ikan asal Filipina dan Taiwan yang tertangkap basah telah melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Laut Sulawesi.

Sari Intan Putri - 27/04/2020 10:33

Beritacenter.COM - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk yang sekian kalinya berhasil melumpuhkan kapal ikan yang mencoba untuk mencuri sebagian kekayaan milik Indonesia.

Kali ini, Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) menangkap kapal ikan asal Filipina dan Taiwan yang tertangkap basah telah melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Laut Sulawesi.

Diketahui juga jika sebenarnya, kedua kapal asing tersebut sudah dipantau beberapa hari sebelumnya tengah melakukan penangkapan ikan yang bukan merupakan wilayahnya.

"Hari ini kami mengkonfirmasi penangkapan 2 KIA yang terdiri dari 1 KIA berbendera Filipina dan 1 KIA berbendera Taiwan. Kedua kapal tersebut ditangkap di WPP-NRI 716 Laut Sulawesi pada Rabu (22/4) dan saat ini sudah berada di Pangkalan PSDKP Bitung untuk proses hukum lebih lanjut," kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Tb Haeru Rahayu.

Selain itu, Haeru h=juga mengungkapkan jika penangkapan tersebut berawal dari perintah gerak kepada Kapal Pengawas Perikanan Orca 01 yang dinakhodai oleh Capt Priyo Kurniawan untuk mendeteksi lebih lanjut keberadaan dua KIA yang diduga sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan di Laut Sulawesi.

Setelah terdeteksi radar dan mendapatkan bukti visual, KP. Orca 01 kemudian segera melakukan Penghentian, Pemeriksaan dan Penahanan (Henrikhan) terhadap kedua kapal tersebut.

"Kapal FBCA QUADRO OCHO-8888 ditangkap lebih dulu pada pukul 11:25 WITA. Kapal berbendera Filipina tersebut mengoperasikan alat penangkapan hand line dan diawaki oleh tujuh awak kapal berkewarganegaraan Filipina. FBCA QUADRO OCHO-8888 ditangkap pada posisi koordinat 06°24.893' LU - 127°46.387' BT," ucap Haeru.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA