Tuesday, 07 Jul 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Cegah Corona, Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Dewi Sari - 20/04/2020 10:12

Beritacenter.COM - Berjemur di pagi hari dibawah sinar matahari memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Berjemur di pagi hari dapat dapat meningkatkan vitamin D. Cukup berdiam diir dibawah sinar matahari selama 5- 10 menit dapat mencegah penyebaran virus corona.

Berikut 5 manfaat berjemur untuk kesehatan tubuh.

1. Memperkuat Tulang

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Lalu, vitamin D lewat paparan sinar matahari juga dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Karenanya, berjemur di pagi hari bermanfaat bagi anak-anak agar terhindar dari penyakit rakhitis dan osteoporosis pada orang tua.

2. Mencegah Kanker

Manfaat sinar matahari pagi dalam jumlah yang cukup dapat mencegah berbagai penyakit kanker, salah satunya prostat. Namun, jika terlalu lama berjemur dan terpapar sinar matahari, justru itu akan meningkatkan risiko kanker kulit. Karena itu, baiknya berjemur hanya dilakukan dalam durasi 5-10 menit.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Berdasarkan penelitian University of Lund dan Malmo University Hospital, Swedia, vitamin D dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Jika seseorang sejak kecil sering tekena sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D, kecil kemungkinan dirinya terkena diabetes.

4. Mengatasi Depresi

Berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk mengurangi depresi. Seseorang yang jarang terkena sinar matahari berisiko terkena seasonal affective disorder (SAD). Itu adalah salah satu bentuk depresi yang dipengaruhi oleh musim.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang diet, berjemur di pagi hari juga bisa membantu agar program yang dijalankan berhasil, lho. Asupan vitamin D yang cukup mampu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di tubuh.




Berita Lainnya

Awas! Makanan Ini Jangan Disimpan di Kulkas

04/07/2020 18:25 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA