Wednesday, 28 Jul 2021
Temukan Kami di :
Internasional

Ilmuwan Oxford Optimis 1 Juta Vaksin Covid-19 Siap di September

Tujuannya adalah untuk memiliki setidaknya satu juta vaksin pada bulan September. Begitu Anda mengetahui hasil vaksin, kita akan bisa bergerak lebih cepat dari sana

Aisyah Isyana - 19/04/2020 11:00 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Ilmuwan dari Universitas Oxford memperkirakan jika mereka seharusnya sudah memiliki satu juta dosis vaksin virus Corona (Covid-19), pada September mendatang. Para ilmuwan itu disebut akan mulai melakukan uji coba vaksi pada minggu depan.

Sebagaimana dilansir BBC, Minggu (19/4/2020), adanya virus yang menjangkit dunia disebut telah diprediksi oleh para peneliti Universitas Oxford. Pasalnya, mereka sudah sejak lama membuat virus yang disuntikkan ke Simpanse untuk menjadi dasar dari vaksin baru. Salah satu peneliti Oxford, Sarah Gilbert menyakini tingkat keberhasilan vaksin sebesar 80%.

Baca juga :

"Ini adalah pandangan saya, karena saya telah banyak bekerja dengan teknologi ini, dan saya telah melakukan uji coba vaksin Mers [jenis lain dari virus corona], dan saya telah melihat apa yang dapat dilakukan dan, saya pikir, vaksin ini memiliki peluang yang sangat kuat untuk bekerja dengan baik," ujarnya.

Kendati masih belum diketahui hasil pasti dari vaksin yang tengah dibuat, tim Oxford optimis pihaknya menyiapkan rencana untuk melakukan produksi masal terhadap vaksin tersebut.

"Tujuannya adalah untuk memiliki setidaknya satu juta vaksin pada bulan September. Begitu Anda mengetahui hasil vaksin, kita akan bisa bergerak lebih cepat dari sana," kata Prof Adrian Hill dari Universitas Oxford.

Saat ini, para peneliti berharap hasil dari efektivitas vaksin itu dapat segera diketahui dalam beberapa bulan ke depan.Beberapa ahli sebelumnya sempat sepakat jika vaksin itu akan ditemukan pada 12-18 mendatang dan butuh waktu tambahan untuk memproduksi masal.

Sementara itu, Menteri Senior Inggris Alok Sharma menyebut pihaknya dan pemerintahh sangat mendukung langkah para ilmuwan yang berjuang mencari vaksin virus Covid-19. Dalam hal ini, pemerintah Inggris juga telah mendanai 21 penelitian untuk vaksin Covid-19.




Berita Lainnya

Ledakan Hebat Guncang Kawasan Industri Kimia

27/07/2021 17:40 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA