Tuesday, 11 Aug 2020
Temukan Kami di :
Ekonomi

IMF Berikan Gambaran Pertumbuhan Ekonomi Asia di Tengah Pandemi

Indah Pratiwi - 16/04/2020 17:02

Beritacenter.COM - Pertumbuhan ekonomi kawasan Asia tahun 2020 akan terhenti pada nol persen di tahun 2020. Hal ini merupakan pertama kalinya Asia menjadi wilayah pertumbuhan ekonomi terburuk di situas pandemi virus corona.

“Ini adalah kinerja pertumbuhan terburuk dalam hampir 60 tahun, termasuk selama Krisis Keuangan Global (4,7 persen) dan Krisis Keuangan Asia (1,3 persen),” ujar Direktur Departemen Internasional Monetary Fund(IMF) untuk Asia dan Pasifik, Chang Yong Rhee dilansir dari CNBC, Kamis 16 April 2020.

Dia menambahkan, situasi ini sangat sulit lantaran perekonomian kawasan Asia tidak ada satupun yang kebal terhadap virus corona(COVID-19).

"Asia tidak kebal,” ujar Rhee.

Hal ini terjadi lantaran ketidak ada pastian pertumbuhan ekonomi di seluruh negara pada tahun 2020. Dampaknya adalah perekonomian di seluruh Asia akan terlihat lebih parah.

"Dan belum pernah terjadi sebelumnya," tambah dia.

IMF mencatat sebelumnya kawasan Asia merupakan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia selema sebelum krisis keuangan pada 1997 dan krisis keuangan global pada 2008-2009.

Tetapi, pandemi ini, kata dia, telah membawa seluruh negara dalam tekanan ekonomi global lantaran banyak investor cemas terhadap situasi yang tidak menentu ini.

 

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA