Saturday, 11 Jul 2020
Temukan Kami di :
Bisnis

Begini Nasib Industri di Bekasi Saat Penerapan PSBB Diberlakukan

Indah Pratiwi - 14/04/2020 12:42

Beritacenter.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menegaskan akan memerintahkan seluruh perusahaan di wilayahnya untuk berhenti beroperasi selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dilaksanakan pada Rabu 15 April 2020.

PenerapanPSBB di Kabupaten Bekasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan.Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Suhup menegaskan, walau sudah dilarang untuk beroperasi, pemerintah masih memberikan kelonggaran.

"Bagi perusahaan yang tetap ingin beroperasi silakan mengurus izin operasionalnya kepada pemerintah pusat,” katanya kepada wartawan di Bekasi, Selasa (14/4/2020).

Dia menambahkan, untuk perusahaan yang tetap beroperasi dikarenakan sejumlah pertimbangan strategis harus mendapat izin operasional dari Kementerian Perindustrian. Keputusan ini sesuai dari Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 7 Tahun 2020 dimana disebutkan perihal permohonan izin pelaksanaan kegiatan industri di masa kedaruratan kesehatan masyarakat akibat terdampak Covid-19.

”Jadi perusahaan di kawasan industri atau di luar tidak boleh beroperasi, tapi kalau ada izin silakan operasi,” ujarnya

Untuk monitoring aktivitas protokol kesehatan dan penerapan PSBB di lingkungan industri, kata dia, Pemkab Bekasi telah membentuk Satuan Gugus Tugas Covid-19 di perusahaan hingga kawasan industri.

"Tentu saja, akan dibentuk satuan gugus tugas mulai dari kawasan hingga perusahaan. Selain itu yang melaksanakan harus memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19," ungkapnya.

Menanggapi itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi Sutomo menyebutkan, para pengusaha belum diajak bicara rencana pelaksanaan PSBB di lingkungan kawasan industri di Kabupaten Bekasi.

“Operasional masih tetap berjalan selama ada izin operasional dari kementerian terkait,” katanya.

Saat ini ada 5 perusahaan di Kabupaten Bekasi mendapat izin untuk bisa beroperasi selama penerapan PSBB di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Detailnya berapa perusahan belum terdata karena mereka masih berlomba-lomba untuk mendapatkan izin dari Kementerian Perindustrian,” tegasnya.




Berita Lainnya

Group Lion Air Akui 2.600 Karyawan Dirumahkan

02/07/2020 19:25 - Indah Pratiwi

Maskapai Lion Air Lakukan PHK Karyawan

29/06/2020 19:08 - Indah Pratiwi

Gojek Dikabarkan Akan Lakukan PHK Karyawannya

23/06/2020 23:13 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA