Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
News

Tim Gabungan TNI-Polri Tembak Mati 2 Anggota KKB di Papua

Baharuddin Kamal - 09/04/2020 21:35 Aparat gabungan melakukan penyergapan kelompok kriminal bersenjata di Papua.

FOKUS : TNI-Polri

Beritacenter.COM - Tim gabungan TNI-Polri menggerebek tempat persembunyian kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Djayanti, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua. Dari penyergapan itu, dua orang ditembak mati lantaran melakukan perlawanan kepada aparat. Sedangkan satu orang lainnya ditangkap.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, ada beberapa anggota KKB lainnya yang berhasil melarikan diri ke dalam hutan dengan memegang senjata sebanyak empat buah.

Menurut Era, mereka merupakan para pelaku kasus penyerangan di Kantor PT Freeport Indonesia (PTFI), Distrik Kuala Kencana, pada Senin 30 Maret 2020. Dalam aksi penyerangan itu, KKB menembak mati seorang pekerja Freeport berkebangsaan Selandia Baru serta melukai beberapa pekerja lainnya.

"Dari hasil penegakan hukum tersebut 2 KKB MD ditembak oleh tim, karena hendak menembak petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur. Selain itu 1 orang beri inisial IS diamankan di TKP," kata Era Adhinata di Timika, Kamis (9/4/2020).

"Pada saat petugas melakukan penegakan hukum, beberapa KKB lari masuk ke hutan dengan membawa senjata 4 pucuk tanpa membawa barang-barangnya," imbuhnya.

Dari penggerebekan itu, tim gabungan berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 1 airsoft gun merk Glock, 1 senjata rakitan, 162 butir peluru, 10 selongsong, 20 unit telepon seluler, 2 unit handy talky (HT), 3 lembar bendera corak bintang kejora, 3 kapak, 3 busur atau panah, 90 anak panah, 11 parang, 7 unit senapan angin dan 11 potongan senapan angin.

Era mengatakan, tempat persembunyian itu terungkap setelah pihaknya mangamankan enam orang penyuplai bahan makanan dan amunisi ke KKB pada Selasa 7 April 2020, ketika melakukan razia.

"Dari hasil interogasi, penyelidikan di lapangan, serta dari beberapa informasi yang ada, tim melakukan analisa dugaan tempat yang menjadi tempat persembunyian KKB yang melakukan penembakan di kantor OB 1 kompleks PTFI di Kuala Kencana," terangnya.

"Selanjutnya, aparat gabungan TNI-Polri bergerak cepat dengan melakukan penegakan hukum terhadap lokasi tempat persembunyian KKB," imbuhnya.

Kapolres menambahkan, hingga kini aparat keamanan sudah bisa memetakan beberapa lokasi persembunyian KKB beserta jaringannya. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan tindakan tegas yang salah satunya adalah melakukan pengejaran terhadap KKB yang telah melakukan tindakan melawan hukum.

"Aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB. Dan untuk mencegah masuknya dukungan bahan makanan dan amunisi, akan ada peningkatan patroli dan razia, terutama di daerah jalur perlintasan KKB," katanya.




Berita Lainnya

Jakarta Diprediksi Turun Hujan Siang ini

27/05/2020 11:30 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA