Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Selama PSBB, Polisi Akan Lebih Gencar Patroli Cegah Penyebaran Corona

Lukman Salasi - 09/04/2020 14:49

BeritaCenter.COM - Mulai 10 April 2020 besok, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta akan diberlakukan. Polda Metro Jaya telah mempersiapkan langkah-langkah penanganan PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Rentetan langkah-langkah penanganan PSBB itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (8/4/2020).

Polda Metro Jaya menyusun standard operating procedure (SOP) penindakan untuk menyikapi aturan dalam PSBB sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Irjen Nana mengatakan langkah pertama yang akan dilakukan oleh polisi ialah memasifkan imbauan agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Langkah pertama terkait upaya pencegahan, ini langkah efektif untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Langkah ini akan kita lakukan secara masif mulai dari Polda Metro Jaya, Pemprov DKI, Kodam Jaya, sampai tingkat bawah untuk polisi sampai Polsek-Bhabinkamtibmas, TNI sampai Babinsa, dan dari Pemprov sampai RW-RW ini akan dilakukan secara masif dalam bentuk imbauan terkait masalah pencegahan penularan," kata Nana.

"Di samping imbauan, kita juga melakukan pemasangan-pemasangan spanduk, intinya untuk mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, mengikuti protokol kesehatan," sambungnya.

Polisi juga akan lebih gencar berpatroli untuk mencari dan mencegah masyarakat agar tidak berkerumun. Nana menyebut dalam patroli itu jika menemukan kerumunan warga polisi terlebih dahulu akan mengedepankan upaya dialogis secara persuasif dan humanis.

"Hal lain memang kita mengedepankan upaya persuasif, atau upaya humanis agar mereka tidak melanggar aturan itu. Ini semua tujuannya satu untuk mencegah, memutus mata rantai dari hari ke hari yang semakin meningkat," kata Nana.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA