Wednesday, 15 Jul 2020
Temukan Kami di :
Internasional

Solidaritas Global Atasi Corona Yang Digagas Indonesia Disepakati di PBB

Indah Pratiwi - 03/04/2020 18:54

Beritacenter.COM - Perserikatan Bangsa-bangsa(PBB) resmi meloloskan resolusi “Global Solidarity to Fight COVID-19”. Resolusi yang digagas oleh Indonesia ini bersama Ghana, Liechtenstein, Norwegia, Singapura, dan Swiss.

Resolusi ini merupakan pertama diumumkannya status pandemik global oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Resolusi ini berisi persatuan, solidaritas dan kerja sama internasional dalam upaya mitigasi pandemi global Covid-19.

“Di situasi prihatin seperti ini sangat diperlukan kesatuan, solidaritas dan kerja sama internasional untuk dapat merespons Covid-19 secara tepat dan kolektif,” tegas Menteri Luar Negeri Indonesi, Retno Marsudi, Jumat(3/4/2020).

Mengutip perwakilan Tetap Indonesia (PTRI) di PBB, tidak ada satu negara yang imun terhadap virus corona(Covid-19). Sehingga, PBB harus memberi harapan pada internasional bahwa dengan kerja sama, solidaritas, serta kebijakan yang tepat, setiap negara dapat mengatasi krisis pandemi ini.

"Sebanyak 188 negara anggota menjadi co-sponsor resolusi, suatu jumlah yang signifikan dan pertama kali dalam sejarah PBB," ucap Duta Besar Indonesia di PBB, Dian Triansyah Djani.

Meski dunia dalam situasi pandemik, diplomasi Indonesia di PBB masih tetap berjalan dan PBB tetap melakukan tugas-tugasnya.

 




Berita Lainnya

Pemerintah Prancis Terancam Bubar

03/07/2020 17:48 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA