Wednesday, 15 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Peneliti UGM: Jeruk Berpotensi Tangkal Corona, Begini Caranya

Lukman Salasi - 03/04/2020 15:25

BeritaCenter.COM - Tim peneliti Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menemukan senyawa yang berpotensi mencegah virus corona. Senyawa itu terdapat pada jeruk, utamanya kulit jeruk, bernama hesperidin.

Penelitian ini berjudul 'Revealing the Potency of Citrus and Galangal Cobstituents to Halt SARS-CoV-2 Infection' dilakukan oleh Rohmad Yudi Utomo, Apt, MSc, Dr Muthi Ikawati, Apt, MSc,,PhD, Rohmad Yudi Utomo, Apt, MSi, dan Prof Dr Edyi Meiyanto, Apt, MSi, PhD, telah diterbitkan di jurnal internasional non peer-reviewed, Preprints, grup MDPI (2020).

Jeruk diketahui mengandung senyawa flavonoid, yakni hesperidin, yang lebih tinggi potensinya dibandingkan kandungan senyawa dalam herbal lain yang diteliti, yaitu lengkuas, secang, dan kunyit.

"Dari study screening secara komputasi menggunakan senyawa-senyawa aktif. Diketahui bahwa senyawa pada tanaman jeruk, khususnya hesperidin, memiliki potensi yang paling kuat disusul dengan senyawa pada lengkuas, secang, dan kunyit," papar Muthi melalui keterangan tertulis dari Humas UGM yang kami kutip, Jumat (3/4/2020).

Senyawa hesperidin dari sejumlah penelitian terdahulu diketahui memiliki manfaat sebagai imunomodulator (meningkatkan imunitas), anti-inflamasi, dan antioksidan.

Jeruk menjadi bahan alami yang baik untuk mencegah Betacoronavirus, termasuk SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab COVID-19.

Muthi menjelaskan senyawa antivirus kandungan berupa hesperidin dalam buah jeruk paling banyak terdapat pada kulitnya. Untuk itu, jika ingin memperoleh kandungan hesperidin, dia menyarankan jeruk diolah menjadi hidangan manis, seperti marmelade.

Selain itu, bisa dibuat menjadi infused water tanpa mengupas kulitnya, seduhan jamu (empon-empon), atau teh dapat ditambahi irisan buah jeruk.

"Semua jenis jeruk bisa digunakan karena mengandung hesperidin sehingga dalam pemanfaatannya tidak usah pilih-pilih," katanya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA