Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Begini Rencana Pemerintah Soal WNI Yang Kerja di Kapal Asing di Tengah Pandemi

Indah Pratiwi - 31/03/2020 20:00

Beritacenter.COM - Pemerintah berencana akan memulangkan Warga Negara Indonesia(WNI) yang diduga ada belasan ribu anak buah kapal asing yang masih berada di luar negeri saat pandemi corona(Covid-19).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, pemerintah sedang berusaha memulangkan 11.838 WNI yang bekerja anak buah kapal (ABK) di luar negeri.

"Sementara data yang bisa kami himpun, untuk ABK yang bekerja di kapal-kapal pesiar, jumlahnya adalah sekitar 11,838. Mereka bekerja di 80 kapal. Jumlah ini mungkin dari waktu ke waktu akan terus bergerak sesuai dengan data-data yang masuk ke kami." kata Menlu Retno dalam virtual press conference, Selasa (31/3/2020).

Ada belasan ribu ABK WNI itu harus segera dipulangkan karena mata pencaharian mereka terdampak akibat pemberhentian.

"Misalnya untuk ABK, kita memastikan bahwa hak-hak mereka, para ABK WNI kita, dipenuhi oleh perusahaan di mana mereka bekerja," ucapnya.

Pemerintah, kata dia, berusaha melindungi WNI misalnya untuk ABK memastikan bahwa hak-hak para ABK WNI dipenuhi oleh perusahaan mereka bekerja.

”Tadi pagi misalnya, contoh yang lain, Subuh waktu di Indonesia pukul 5, berarti di Malaysia pukul jam 6, saya sudah melakukan komunikasi dengan Konjen (Konsulat Jenderal) kita di Johor Baru yang pada saat itu sudah berada di Pelabuhan Stulang Laut untuk memastikan bahwa proses teman-teman kita yang ingin pulang dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Meski demikian, ia akui tidak semua ABK bisa pulang karena di dalam kapal-kapal pesiar itu ada beberapa ABK yang memang diperlukan tetap untuk bekerja di kapal tersebut lantaran kesepakatan pihak perusahaan dengan ABK.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA