Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Begini Cara Aman Ketika Berbelanja di Tengah Pandemi Corona

Indah Pratiwi - 31/03/2020 19:18

Beritacenter.COM - Wabah virus corona di seluruh dunia membuat pemerintah melakukan imbauan kepada warga untuk berada di rumah saja, kecuali untuk melakukan hal-hal penting seperti berobat dan berbelanja kebutuhan.

Meski demikian, aktivitas tersebut dinilai berisiko tinggi, karena selain berada dekat dengan orang lain, mereka berisiko membawa produk-produk yang mungkin sudah terpapar dengan virus corona(Covid-19).

Pakar bernama Charlotte Baker, DrPH, MPH, asisten profesor epidemiologi di Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine menjelaskan, ada risiko terbesar pada manusia ialah ketika kontak dekat dengan seseorang yang sedang sakit. Sehingga penting untuk menjaga jarak sekitar 2-3 meter antara satu dengan lainnya.

"Jangan takut meminta orang lain untuk mundur apabila terlalu dekat dengan Anda saat mengantre. Atau tunggu beberapa saat untuk mengambil barang jika orang lain berada di tempat barang tersebut," katanya, dikutip dari Healthline.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menjelaskan, selain kontak dekat, orang-orang juga bisa tertular virus dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka.

"Hanya sentuh barang-barang yang akan Anda beli, usap pegangan troli atau keranjang dengan tisu basah disinfektan, dan cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah Anda selesai," lanjutnya.

Nah, saat tiba di rumah ketika membawa barang belanja, maka berhati-hatilah dalam menangani barang belanjaan Anda. Untuk mengurangi penularan virus ke orang lain ataupun di permukaan rumah Anda. Dia menyarankan agar melakukan langkah tambahan seperti mengelap atau mencuci kaleng dan barang belanjaan berkemasan jika barang bawaan ada kemasannya.

Jika menaruh bawaan di atas meja, maka perlu mencuci meja, pinggiran meja, atau permukaan lainnya yang tersentuh tas belanjaan dan isinya lalu cuci tangan Anda lagi dengan sabun.

Dia pun melarang keras mencuci buah dan sayur menggunakan sabun karena berisiko tertelan, sehingga lebih baik cuci bersih saja dengan air sebelum menyimpannya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA