Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Opini

Ada 4 Langkah Agar Terhindar dari Wabah Corona

Indah Pratiwi - 30/03/2020 22:03

Beritacenter.COM - Dalam menghindari wabah corona(Covid-19) ada beberapa langkah yang bisa dilakukan banyak orang. Selain mengikuti pentunjuk medis, ada pula juga mengikuti petunjuk ala Rasulullah SAW.

Berikut Agar Terhindar dari Wabah:

1. Berusaha(Ikhtiar)
Berusaha untuk meningkatkan imunitas untuk menjaga kesehatan merupakan anjuran Rasulullah SAW. Biasanya, Rasulullah SAW mengonsumsi madu, kurma, buah-buahan dan rutin meminum Habbatussauda agar terhindar dari wabah. Bukan itu saja, sangat disarankan dalam dunia medis menggunakan masker dan rajin mencuci tangan atau memakai hand sanitizer agar tangan tetap selalu bersih.

2. Berdiam Diri
Bukan itu saja, Rasulullah SAW juga menganjurkan jika terjadi wabah di suatu negeri maka Rasulullah menganjurkan agar janganlah Anda memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat Anda berada, maka jangan tinggalkan tempat itu. Selain itu pemerintah juga menerapkan social distancing, #dirumahaja untuk memutus rantai penyebaran wabah.

Rasulullah SAW Bersabda:
"Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari).

3. Berdoa
Berdoa merupakan hal yang penting dalam mencegah wabah corona. Memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dan dijauhkan dari wabah atau virus corona adalah modal kekuatan yang sangat besar untuk diri agar dapat mencegah wabah virus tersebut.

Allah SWT Berfirman
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia". (Surah Ar-Ra'd: 11)

4. Tawakal
Menyerahkan diri dalam kepasrahan kepada Allah Ta'ala adalah jalan terakhir setelah semua ikhtiar telah dilakukan. Allah SWT tidak akan menguji hamba-Nya di luar kemampuan sang hamba. Dan percaya bahwa ketentuan Allah adalah yang terbaik.

"Iktiar tanpa doa itu sombong dan doa tanpa ikhtiar itu bohong".

 

Wallahu A'lam Bishawab




Berita Lainnya

Mengapa Saya Uninstall Detik.com ?

27/05/2020 10:42 - Indah Pratiwi Budi

"DIAM ADALAH TRIK JOKOWI MEMBUNUH LAWAN - LAWAN'NYA"

27/05/2020 08:00 - Indah Pratiwi Budi

Pemerintah Tangani Covid-19 dengan Optimal

26/05/2020 09:30 - Indah Pratiwi Budi

Indonesia Lebih Baik dalam Atasi Corona

25/05/2020 10:00 - Indah Pratiwi Budi

Senjata Baru Lawan Covid-19

23/05/2020 15:30 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA