Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemerintah Akan Keluarkan Perppu Pembatasan Sosial Atasi Corona

Indah Pratiwi - 30/03/2020 19:30

Beritacenter.COM - Pemerintah berencana akan mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pembatasan sosial dalam berskala besar untuk memutus rantai penyebaran virus corona(Covid-19) di Indonesia.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menegaskan, pemerintah berencana akan menetapkan pembatasan sosial berskala besar terkait wabah corona. Dalam pemutusan ini mengacu beberapa hal yakni UU No.24/2007 tentang Bencana, UU No.6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 23/1959 tentang Keadaan Bahaya ataus darurat sipil.

"Pemerintah akan memperhitungkan dengan teliti, dengan penuh kehati-hatian tentang penetapan status. Sehingga kesimpulan yang tadi diambil oleh Bapak Presiden yaitu formatnya adalah pembatasan sosial skala besar," katanya saat konferensi pers, Senin (30/3/2020).

Pemerintah Indonesia tidak akan mengikuti apa yang telah dilakukan sejumlah negara. Lantaran hal itu tidak efektif dalam mengambil kebijakan dan justru menimbulkan dampak yang baru.

"Dalam konsep penanganan bencana maka penyelesaian bencana tidak dibenarkan menimbulkan masalah baru atau bencana baru," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, presiden akan mengeluarkan perppu. Namun, belum diketahui perppu apa saja yang akan dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

"Oleh karenannya keseimbangan-keseimbangan ini akan senantiasa menjadi perhitungan dan tentunya juga dengan melibatkan sejumlah pakar di bidang hukum. Selanjutnya akan diterbitkan perppu dalam waktu depan ini," pungkasnya.




Berita Lainnya

Menuju New Normal, Ini yang Jadi Acuan Jokowi

27/05/2020 13:57 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA