Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Salut! Puluhan Petani di Bulukumba Bersatu Perangi Wabah Corona, Ini yang Dilakukan

Lukman Salasi - 30/03/2020 18:53

BeritaCenter.COM - Puluhan petani di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) kompak melakukan penyemprotan disinfektan ke setiap rumah warga demi mencegah virus Corona atau COVID-19.

Para petani ini dikoordinir oleh Plt Kepala Desa setempat. Alat yang digunakan para petani hanya bermodalkan alat semprot hama yang biasa digunakan di kebun atau sawah.

"Kita bekerja sama dengan masyarakat melakukan penyemprotan, termasuk kita hadirkan petani-petani," ujar Plt Kepala Desa Tanah Harapan Alamsyah Yunus kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Kegiatan itu dilakukan di Desa Tanah Harapan, wilayah Rilau Ale, Bulukumba. Yunus mengatakan penyemprotan mulai dilakukan pada Minggu (29/3) setelah ada permintaan dari warganya. Alhasil, pihak pemerintah desa sepakat dengan ide warga tersebut.

"Jadi asal muasalnya kegiatan ini adalah atas desakan dari masyarakat melalui BPD (Badan Pemusyawaratan Desa), ada kekhawatiran bahwa Corona akan merebak," ujar Yunus.

Yunus mengatakan penyemprotan ini menggunakan sedikitnya 40 buah alat semprot hama milik para petani. Sementara untuk bahan disinfektan, lanjut Yunus, dibeli menggunakan dana yang didonasikan warganya ditambah dengan dana desa.

"Jadi perlu kita ketahui, sebagian aparat desa di sini, misal kepala dusun itu juga bekerja sebagai petani. Jadi mereka punya tangki semprot hama di rumah, itu semua kita pakai," katanya.

"Jadi ada dana darurat kebencanaan desa Rp 10 juta dipotong pajak, sambil menunggu dana itu cair, kita pakai dana yang ada dulu, yakni dana bantuan warga senilai Rp 2,5 juta," imbuh Yunus.

Penyemprotan disinfektan ini disebut Yunus bakal dilakukan ke seluruh rumah warganya alias tanpa terkecuali.

"Rencananya kita semprot semua rumah warga, kantor-kantor, masjid, pokoknya kita semprot semua. Jadi bukan cuma sampel, semua rumah warga dapat giliran disemprot," katanya.




Berita Lainnya

Menuju New Normal, Ini yang Jadi Acuan Jokowi

27/05/2020 13:57 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA