Wednesday, 08 Jul 2020
Temukan Kami di :
News

Tangani Covid-19, Pemerintah Gelar Rapat Bahas PP Karantina Wilayah

Aisyah Isyana - 30/03/2020 08:30

Beritacenter.COM - Hari ini, Pemerintah akan mengadakan rapat guna membahas peraturan pemerintah (PP) terkait karantina wilayah cegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Tenaga Ahli Utama Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menyebut pembahasan PP ini tak hanya menyoal wilayah Jakarta saja.

"Bukan opsi (karantina) tapi lebih pada pembahasan peraturan pemerintah akan mengatur karantina wilayah, bukan hanya Jakarta. Jadi tak bisa seorang kepala daerah tiba-tiba mengkarantina wilayahnya tanpa mekanisme yang diatur peraturan pemerintah," kata Donny, kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Baca juga :

Donny menyebut rapat hari ini akan turut dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan kementerian teknis terkait seperti Mendagri Tito Karnavian dan Mekeu Sri Mulayani. Donny menyebut rapat bersama Presiden Jokowi ini tak membahas soal lockdown.

"Tapi membahas rancangan PP sebagai turunan UU Karantina Kesehatan. Kalau PP kan mengatur keseluruhan, jadi syarat lockdown apa saja, mekanismenya apa saja, bagaimana teknisnya itu yang diatur oleh PP, tapi kalau PP itu untuk mengatur seluruh wilayah di Indonesia," terangnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya disebut akan menggelar rapat soal peraturan pembatasan kendaraan yang keluar-masuk Jakarta. Rapat itu akan turut dihadiri Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan.

Dikatakan Direktur Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, pihaknya telah menyiapkan regulasi soal rencana pembatasan tersebut. Kendati begitu, Budi masih belum merinci detail soal hal tersebut.

"Ya betul, kita menyiapkan rencana peraturan menteri untuk pembatasan kendaraan yang masuk dan keluar Jakarta," kata Budi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA