Friday, 07 Aug 2020
Temukan Kami di :
News

Semua Pasien Positif Corona di Malang Sembuh, Ini Kunci Kesembuhan Pasien

Aisyah Isyana - 29/03/2020 20:45

Beritacenter.COM - Semua pasien positif virus Corona (Covid-19) di Kota Malang dinyatakan sembuh. Sebelumnya teradapat tiga pasien yang mendapat perawatan akibat Corona di Malang. Kemarin, dua pasien terakhir dinyatakan sembuh. Dengan begitu, untuk sementara ini sudah tak ada lagi pasien positif Corona di Kota Malang.

Adapun pasien sembuh pertama yang diketahui sebagai seorang mahasiswa dinyatakan sembuh pada Senin (23/3/2020). Pasien pertama Corona yang sembuh ini sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Baca juga : 

Sementara pasien sembuh kedua yang diketahui sebagai seorang perempuan lansia berumur 61 tahun, dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSSA Kota Malang. Terakhir, atau pasien ketiga, merupakan seorang siswi yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Tentara Soepraoen Kota Malang.

Pasien kedua dan ketiga itu dinyatakan sembuh dan diperbolehkan meninggalakan rumah sakit pada Sabtu (28/3/2020) kemarin. Dikatakan Humas Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu’arif, ada beberapa faktor yang mendukung penyembuhan pasien, salah satunya treatment atau pengobatan yang diberikan masing-masing rumah sakit.

“Kalau itu kan treatment, penatalaksanaan itu semua ada di rumah sakit. Jadi sudah punya penatalaksanaan secara standar untuk pasien-pasien PDP (pasien dalam pengawasan) yang dirawat di rumah sakit,” ujar Husnul seperti dilansir Kompas, Minggu (29/3/2020).

Selain itu, kesembuhan pasien juga bergantung pada faktor daya tahan tubuh atau imunitas. Husnul menyebut imunitas juga dipengaruhi oleh mental pasien. Rasa optimis dan semangat untuk sembuh, juga turut mengambil andil dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

“Yang pertama tentu semangat dari yang bersangkutan (pasien),” katanya.

Selain itu, dukungan dari pihak keluarga juga dapat meningkatkan rasa optimisme pasien saat berjuang melawan virus Covid-19. Semangat untuk sembuh dapat memicu kenaikan daya tahan tubuh pasien dan membunuh virus yang menyerang tubuh.

“Kedua dorongan dari keluarga. Jadi selama dirawat keluarga memberikan support, keluarga juga memberikan dorongan, ini akan menimbulkan kepercayaan kepada yang bersangkutan. Nah, itu timbul imunitas daya tahan tubuhnya akan naik. Ini akan mempercepat proses reduksi virus yang ada di dalam tubuh itu,” jelasnya.

 




Berita Lainnya

Besaran Gaji Ke-13 PNS Ternyata Segini

07/08/2020 21:05 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA