Thursday, 09 Jul 2020
Temukan Kami di :
News

Dokter Ini Ungkap Cara Sembuhkan Pasien Positif COVID-19

Jadi sembuh itu begini ya, virus ini (Covid-19) sampai saat ini hanya mati dengan ketahanan tubuh

Aisyah Isyana - 29/03/2020 17:54

Beritacenter.COM - Penyebaran virus Corona (COVID-19) masih masif terjadi di Tanah Air. Meski saat ini vaksi untuk melawan virus Corona belum ditemukan, virus itu dapat mati dengan sendirinya dengan ketahanan tubuh.

Hal itu diungkapkan Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi. Dia menyebut virus Covid-19 bisa kalah jika ketahanan tubuh pasien baik. Untuk itu, menjaga ketahanan tubuh pasien, penting dilakukan dalam melawan virus Corona.

Baca juga :

"Jadi sembuh itu begini ya, virus ini (Covid-19) sampai saat ini hanya mati dengan ketahanan tubuh. Jadi kalau virus obatnya sesungguhnya pencegahan dengan vaksin, maka virus tidak bisa masuk. Tetapi saat ini belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan dari Covid-19," kata Joni di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (29/3/2020).

Joni mencontohkan penindakan yang dilakukan pihaknya dalam menangani pasien positif Corona. Joni menjabarkan hal-hal yang dilakukan pihaknya saat pasien yang tepapar Corona kondisinya menurun.

"Nah saat kondisi menurun biasanya muncul infeksi di paru-paru gejala sesak napas, masalah di sistem pencernaan perut. Lalu apa obatnya saat infeksi? Ya kita beri antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut," jelasnya.

Joni yang juga menjabat selaku Komandan Gugus Kuratif Penanganan Covid-19 di Jatim ini juga mengungkap beberapa cara lainnya yang digunakan dalam mengatasi pasien Covid-19.

"Sebetulnya virus corona itu ya obatnya suportif. Kalau sesak napas ya jalan napasnya dibantu dengan diberi oksigen. Jadi jalan napasnya dibantu, diinfus nutrisi, vitamin. Lalu juga dibuat suasana nyaman, itu sudah cukup," terangnya.

"Saat pasien positif corona punya komplikasi penyakit khusus, baru penanganan yang sangat khusus," pungkasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA