Tuesday, 02 Jun 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Cegah Corona, Inilah Olahraga yang Dapat Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Dewi Sari - 28/03/2020 09:00

Beritacenter.COM - Pemerintah Indonesia memerintahkan social ditancing ditengah wabah virus corona, banyak dari kalian mengurangi aktivitas di luar rumah seperti olahrga ke tempat gym, berenang dan bermain sepak bola. Social distancing wajib dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Banyak cara dilakukan untuk mengisi kekosongan di rumah anda, salah satunya adalah berolahraga dengan anak anda. Ya Moms, salah satu mengurangi kebosanan anak selama belajar di rumah, Anda bisa mengajaknya olahraga.

Olahraga sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh kita agar imun kita kebal dari virus corona. Berikut 5 olahraga simple yang dapat kamu lakukan di rumah.

1. Yoga

Yoga bukan cuma untuk orang dewasa, si kecil pun bisa mencobanya bersama Anda. Bahkan ada beberapa teknik yoga untuk pernapasan, meditasi, dan peregangan yang memberikan manfaat bagi anak.

Dilansir Parents, banyak sekali manfaat yang didapat jika anak melakukan yoga, di antaranya meningkatkan kapasitas paru-paru dan pernapasan, meningkatkan level energi, membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, mengurangi kelelahan fisik maupun mental, meningkatkan fokus, meredakan kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan fungsi motorik halus.

Untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, Anda dan si kecil tak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri.

Melakukan yoga sederhana juga salah satu solusi untuk tetap sehat. Anda bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

2. Zumba

Senam zumba merupakan salah satu olahraga yang cukup populer hingga kini. Sebab, tak hanya membuat tubuh Anda menjadi bugar, zumba juga menyenangkan karena memadukan gerakan aerobik dengan tarian.

Bila zumba yang memadukan gerakan tarian, banyak sekali manfaat yang didapat untuk si kecil, salah satunya adalah baik untuk perkembangan kognitifnya. Namun bila bersama si kecil, pilihlah gerakan yang tidak terlalu berlebihan, cukup dengan gerakan yang bisa dijangkau oleh si kecil.

3. Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat Anda berkeringat serta meregangkan otot.

Si kecil pun bisa diajak lompat tali bersama, lho. Dilansir Gympick manfaat lompat tali pada anak bisa melatih otot motoriknya. Dengan melompat seluruh otot akan digunakan hingga kelincahan motoriknya terlatih.

Olahraga ini juga tidak memerlukan skill khusus untuk melakukannya, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olahraga ini meskipun tanpa pengawasan dari pelatih olahraga Anda. Cukup dengan melakukannya selama 15-30 menit sehari maka Anda dan si kecil akan merasa lebih bugar.

4. Squat

Bila, Anda ingin mengencangkan bokong, squat adalah gerakan wajib! Anak juga bisa menjadikan si kecil bila masih balita sebagai beban pengganti barbel dengan menggendongnya di bahu.

Gerakan squat pun terbilang cukup mudah, yakni dengan berdiri tegak, dengan posisi kaki terbuka selebar pinggul. Letakkan tangan di pinggul. Luruskan punggung, busungkan dada, dan tarik otot perut ke arah dalam. Turunkan bagian bokong seolah-olah akan duduk dan tekuk lutut sembari pastikan posisi badan bagian atas tetap tegak. Anda juga bisa menjadikan anak bayi Anda sebagai beban pengganti barbel dengan menggendongnya di bahu.

5. Butt Kick

Tak hanya baik untuk kesehatan Anda. Gerakan butt kick juga termasuk olahraga yang banyak manfaatnya untuk anak. Butt kick ini cocok untuk merangsang anak agar aktif.

Gerakan yang tampak seperti permainan ini juga melatih jantung dan membakar kalori. Awali dengan berdiri tegak dan posisi kaki menghadap ke depan. Ayunkan salah satu kaki ke arah belakang hingga menyentuh bokong. Pastikan punggung tetap tegak dan kaki mendarat secara perlahan di tanah. Lakukan secara bergantian dengan kedua kaki.

 

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA