Monday, 03 Aug 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Satgas Nemangkawi Ringkus 3 Pemasok Senjata Api ke KKB Papua

Aisyah Isyana - 27/03/2020 23:58

Beritacenter.COM - Satgas Nemangkawi berhasil membongkar sindikat perdagangan senjata api (senpi) dan amunis ke kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Tiga pemasok senpi ke KKB itu berhasil dibekuk. Para pelaku diketahui mendatangkan senjata api dari Filipina.

"Tersangka adalah Jl (26), warga Manado, yang berperan sebagai perantara senjata dari Filipina-Manado-Manokwari," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Baca juga :

Argo mengatakan, penangkapan terhadap Jl dilakukan petugas di pelabuhan Manokwari, pada 20 Maret lalu. Dari penangkapan itu, polisi menyita barang bukti berupa 4 pucuk senjata api berbagai jenis beserta amunisi.

Empat senpi yang diamankan, yakni jenis US Carabin, satu pucuk senpi 38 SCP, satu pucuk senpi kaliber 45 Caspion, dan satu pucuk Baby Uzi 9mm. Sementara amunisinya, yakni 67 amunisi campuran dengan rincian amunisi 8,4 mm sebanyak 22 butir, amunisi cal 38 sebanyak 15 butir, amunisi cal 45 sebanyak 15 butir, dan amunisi 9mm sebanyak 15 butir.

Selang beberapa hari setelahnya, polisi kembali meringkus dua tersangka lainnya, yakni FR dan RIB. Kedua pelaku yang diketahui sebagai penjual dan pembeli ini diringkus di Manado.

Dari kedua tersangka, polisi menyita senjata api jenis revolver hitam 6 silinder dan amunisi satu butir cal 9mm. Tak hanya senpi, polisi juga menyita buku tabungan dan beberapa ponsel dari tersangka.

"FR (34) warga Manado sebagai penjual senjata, dan RIB (22) sebagai pembeli senjata beserta amunisi yang akan dikirimkan untuk kelompok kriminal bersenjata," ungkap Argo.




Berita Lainnya

Curi Motor Demi Nikahi Janda, Syar Dicokok Polisi

03/08/2020 08:11 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA