Friday, 21 Jan 2022
Temukan Kami di :
News

Kemendagri Luncurkan Chatbot Administrasi Kependudukan, Cegah Kerumunan Antisipasi COVID-19

Aisyah Isyana - 27/03/2020 19:15

Beritacenter.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meluncurkan layanan Chatbot yang dirancang menggunakan teknologi artificial inteligence (AI). Layanan Chatbot yang diberi nama 'Gisa' itu dapat memberikan informasi administrasi kependudukan (adminduk).

Mendagri Tito menyebut masyarakat yang ingin mendapat layanan kependudukan dapat melalui Chatbot Gisa, tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Tito menyebut Chatbot Gisa dapat menjadi alternatif bagi masyakarakat ditengah masifnya penyebaran virus Corona.

"Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil," ujar Tito dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020).

"Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil," sambungnya.

Sementara itu, Dirjen Dukcapi Zudan Arif Fakrulloh menyebut penggunaan Chatbot Gisa dapat dilakukan melalui smartphone berbasis android. Masyarakat dapat mengunduhnya di Google Playstore dengan kata kunci 'AKUI'. Zudan menyebut aplikasi ini dapat merupakan hasil kerjasama dengan KORPRI.

Adapun informasi yang dapat diakses lewat Chatbot Gisa, yakni pembuatan KK, KTP, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran serta informasi biaya. Zudan menyebut semua informasi itu dapat diakses secara akurat dalam Chatbot Gisa.

"Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan KORPRI, Gisa ada di aplikasi android AKUI," kata Zudan.

Kemendagri dalam hal ini berharap kedepannya seluruh Kantor Layanan Dukcapil memberi informasi spesifik seperti lokasi kantor layanan, nomor kontak petugas, informasi waktu penyelesaian, serta menerima masukan dari masyarakat. Dengan adanya hal itu, masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor ditengah merebaknya virus Corona (COVID-19).




Berita Lainnya

Lurah Kelurahan Gelora Positif Covid -19

20/01/2022 20:25 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA