Monday, 03 Aug 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Profesor Asal Indonesia Akui Penangkal Corona Buatannya Hampir Selesai

Indah Pratiwi - 27/03/2020 18:34

Beritacenter.COM - Dalam pembuatan formula penangkal atau vaksin virus corona Covid-19 yang diinisiasi Tim Riset Corona & Formulasi Vaksin dari Profesor Nidom Foundation (PNF), pimpinan Profesor CA Nidom, kabarnya akan selesai.

Profesor Nidom mengakui, riset pembuatan formulasi penangkal virus Corona atau Covid 19 sedang tahap finalisasi, Jumat (27/3/2020).

“Alhamdulillah sudah sampai tahap finalisasi. Ada beberapa hal yang harus didalami untuk mencapai hasil yang maksimal,” ungkap Prof Nidom.

Prof Nidom dari PNF merupakan sosok berkomitmen untuk menghasilkan vaksin virus corona Covid 19 ini. Selain itu, beliau juga punya pengalaman dalam penanganan flu burung.

“Saya sedang fokus untuk membuat obatnya yakni berupa ‘Antiviral’ dari tanaman herbal, Curcumin. Karena kami ingin mengedepankan tanaman herbal kita, dari pada membuat vaksin yang berbahan dasar virus,” ungkap Prof Nidom.

Alasan membuat vaksin dari tanaman herbal lantaran agar masyarakat kembali mengkonsumsi tanaman herbal yang mudah ditemui di Indonesia, seperti Curcumin.

“Selama ini tidak ada penelitian penggunaan obat herbal yang mengarah ke Antiviral atau pengobatan atau menghilang virusnya. Melainkan sebatas sebagai imunomodulator, contohnya kalau kita minum jamu agar imun jadi baik, badan jadi segar tidak mudah sakit,” terangnya.

Meski demikian, ia memahami peneliti di Indonesia masih minim alat dan sarana. Nantinya, formulanya itu akan diuji ke tikus sebagai imunomodulator.

“Ya bisa dipahami, kenapa tanaman herbal Indonesia hanya sebatas jadi jamu semata, karena fasilitas sangat minim. Tetapi PNF memiliki laboratorium yang mampu menggunakan virus maupun bakteri untuk menguji coba bahan alami atau tanaman herbal sebagai Antiviral atau pembunuh virus bakteri,” katanya.

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA