Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Gunung Merapi Erupsi Semburkan Abu Vulkanik

Indah Pratiwi - 27/03/2020 15:22

Beritacenter.COM - Pascaerupsi Gunung Merapi pada Jumat (27/3/2020) membuat warga Selo, Boyolali membuat api unggun sembari berdoa agar terhindar dari abu vulkanik dan wedus gembel.

Sekretaris Desa (Sekdes) Tlogolele, Neigen Achtah Nur Edy Saputra mengungkapkan, ada warga membuat api unggun saat Gunung Merapi meletus dan itu kearifan lokal warga setempat yang berlangsung turun temurun.

“Itu sudah tradisi masyarakat di sini sejak nenek moyang. Selain itu juga untuk penerangan ketika terjadi letusan dan mati listrik,” katanya, Jumat (27/3/2020). 

Ketika Gunung Merapi meletus, masyarakat rata rata melakukan kegiatan di sawah atau tegalan. Mereka langsung kembali ke rumah untuk kesiapsiagaan. Sedangkan yang ada di dalam rumah, kemudian keluar untuk memantau situasi Gunung Merapi.

Banyak warga sekitar Merapi mendengar suara gemuruh yang keras. Terlebih Desa Tlogolele merupakan desa yang jaraknya 4-5 kilometer dari Gunung Merapi.

Sebelumnya, Gunung Merapi terjadi Erupsi pada Jumat (27/3/2020) pukul 11.56 WIB. Erupsi terekam di seismogram dan membuat kolom mencapai 5.000 meter.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA