Tuesday, 02 Jun 2020
Temukan Kami di :
Nasional

INGAT! Bukan TraceTogether, Ini Aplikasi Pelacak Virus Corona di Indonesia

Lukman Salasi - 27/03/2020 13:07

BeritaCenter.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan ulang bahwa aplikasi untuk melacak penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Indonesia bukan TraceTogether.

Soalnya, Singapura juga memiliki aplikasi penanganan Corona yang namanya sama yaitu, TraceTogether.

Apa yang disampaikan Kominfo meluruskan informasi yang sebelumnya disampaikan Menkominfo Johnny G. Plate.

Menurut Kominfo, aplikasi resmi yang dipakai untuk melacak penyebaran Corona di Indonesia adalah PeduliLindungi.

"PeduliLindungi (nama aplikasinya)," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M Ramli, Jumat (27/3/2020).

"Di situ mention sejenis TraceTogether. Ini nama umumnya meng-trace, seperti kita menyebutkan printer, infocus, dan lainnya. Ini aplikasi bekerja seperti trace," tuturnya.

Ramli pun mengimbau agar masyarakat jangan menginstal TraceTogether karena itu akan mengarah kepada aplikasi buatan Singapura, bukan yang dirancang oleh Indonesia.

Adapun aplikasi PeduliLindungi yang dimaksud Ramli itu sedang dikembangkan, di mana pembuatannya bekerjasama dengan salah satu perusahaan besar untuk membantu menangkal penyebaran virus corona di Indonesia.

"Kita develop (kembangkan) terus. Kita harapkan bisa tes tracing Senin depan. Masyarakat agar tidak instal TraceTogether, PeduliLindungi yang dipakai ini sejenis (dengan TraceTogether). Apalikasi ini buatan anak negeri," ungkapnya.

"Mohon masyarakat bisa menunggu. Aplikasi ini bukan kita beli dari Singapura, ini dikembangkan sendiri," pungkasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA