Saturday, 04 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Negara Anggota G-20 Buat 4 Kesepakatan Penanganan Virus Corona

Anas Baidowi - 27/03/2020 05:47

Beritacenter.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, negara anggota G-20 telah membuat kesepakatan dalam menghadapi padami virus corona atau COVID-19. Ada empat yang disepakati dalam KTT Luar Biasa G-20.

"Satu adalah upaya mengurangi pandemi. Kedua, bagaimana kita men-save guard ekonomi global," kata Retno, Kamis (26/3).

"Ketiga, bagaimana mengatasi adaya disrupsi perdagangan. Dan keempat adalah bagaimana memperkuat kemitraan," lanjut Retno.

Retno menyampaikan, empat kesepakatan itu muncul dan disampakan kepala negara, termasuk Indonesia menyampaikan dalam KTT khusus mengenai covid-19 yang dilakukan oleh negara-negara G-20.

Dengan demikian, kata Retno, penyelenggaraan KTT Luar Biasa menunjukkan bahwa setiap negara saling berkaitan. Apalagi covid-19 tidak mengenal batas negara.

Sehingga, untuk melawan virus ini harus dilakukan kerja sama secara bersama, terkoordinasi, dan bersinergi. Sense of solidarity, kerja sama dan sinergi tampak muncul dari semua statement yang diberikan oleh para leaders.

"Para pemimpin G-20 menunjukkan komitmen tinggi untuk melindungi hidup atau melindungi manusia karena ini tentunya menyangkut kesehatan," kata Retno.

Kemudian, juga mengembalikan kepercayaan, menjaga stabilitas keuangan, menghidupkan kembali pertumbuhan. Termasuk bagaimana meminimalkan disrupsi terhadap perdagangan dan global supply chain.

“Beberapa kepala negara juga menyampaikan mengenai pentingnya kita memberikan perhatian kepada negara berkembang dan juga least developed countries. Termasuk Sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu karena negara-negara berkembang dan least developed countries memiliki kapasitas yang berbeda, kapasitas yang tidak sama dalam menangani isu Covid-19,” paparnya.




Berita Lainnya

MUI Diminta Keluarkan Fatwa Haram Mudik

03/04/2020 22:02 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA