Saturday, 04 Apr 2020
Temukan Kami di :
News

Menlu soal KTT G20: Penanganan COVID-19 di Negara Berkembang Dapat Perhatian Khusus

Beberapa kepala negara mengenai pentingnya kita memberikan perhatian mengenai negara berkembang, least developed countries termasuk sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu negara-negara berkembang dan least developed countries memiliki kapasitas yang berbeda

Aisyah Isyana - 27/03/2020 01:25

Beritacenter.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut KTT Luar Biasa G20 yang digelar secara virtual menghasilnya beberapa poin terkait penanganan virus Corona (COVID-19). Salah satu poin yang menjadi perhatian, yakni penanganan Corona di negara berkembang.

"Pandemik mengingatkan kita bahwa kita saling keterkaitan. Kita tahu bahwa virus ini tidak mengenal batas negara, maka untuk melawan virus ini dilakukan kerja sama koordinasi dan bersinergi. Oleh karena itu sense of solidarity tampak muncul oleh semua statement yang diberikan oleh pada leader," ungkap Retno usai mendampingi Presiden Jokowi pada KTT G20 seperti yang disiarkan dalam akun Youtube Sekretariat Negara, Kamis (26/3/2020).

Baca juga :

Dalam KTT G20 itu, turut dibahas pula soal langkah-langkah yang akan diambil guna melindungi warga negara dalam penanganan COVID-19. Tiap-tiap kepala negara juga menyoroti soal strategi ekonomi dan perdagangan ditengah pandemi COVID-19.

"Dari statement atau komitmen dari kepala negara dan perwakilan untuk melindungi hidup atau melindungi manusia karena ini menyangkut isu kesehatan. Kemudian juga mengembalikan kepercayaan, menjaga stabilitas keuangan, pertumbuhan, ini ranahnya ekonomi, Ibu Menteri Keuangan banyak menyampaikan mengenai masalah ekonomi, termasuk bagaimana kepala negara dan kepada pemerintahan untuk meminimalkan distruksi terhadap perdagangan," kata Retno.

Dalam rapat yang turut dihadiri negara anggota G2O beserta organisasi internasiona seperti WHO, PBB, IMH dan World Bank itu, jelas Retno, turut menyoroti soal pentingnya memberi perhatian khusus pada penanganan Corona di negara berkemang. Pasalnya, penanganan virus Corona di negara berkembang, akan sangat berbeda dengan negara maju.

"Beberapa kepala negara mengenai pentingnya kita memberikan perhatian mengenai negara berkembang, least developed countries termasuk sekjen PBB secara khusus menyampaikan mengenai hal itu negara-negara berkembang dan least developed countries memiliki kapasitas yang berbeda, kapasitas yang tidak sama dengan negara berkembang dalam menangani isu COVID-19 ini," tutur Retno.

Retno mengatakan, terdapat 4 poin penting dalam penanganan Corona, yakni koordinasi, sinergitas, solidaritas dan soliditas. Dia menyebut keempat poin itu harus selalu dijaga dalam penanganan COVID-19.

"Sekali lagi koordinasi, sinergi, solidaritas, soliditas menjadi roh dari pertemuan khusus G20 mengenai COVID-19," sebut dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA