Saturday, 04 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Ini Permintaan Jokowi Saat Rapat Dengan Negara G20

Indah Pratiwi - 26/03/2020 23:01

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para pemimpin negara G20 untuk melangkah bersama-sama memenangkan dua 'peperangan' yaknimelawan Corona(Covid-19) dan melawan pelemahan ekonomi dunia.

"Pertama, kita harus kuatkan kerja sama melawan Covid-19," kata Jokowi di depan para pemimpin G20 dalam pertemuan virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020).

"Untuk itu, G20 harus aktif memimpin upaya menemukan antivirus dan obat Covid-19, tentunya bersama WHO," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mendorong negara anggota G20 untuk bekerja sama dalam bidang ekonomi yang lebih kuat dan memerangi Covid-19.

"Kita harus mencegah resesi ekonomi global, melalui kebijakan fiskal dan moneter yang terkoordinasi, serta memperluas dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi UMKM," jelas Jokowi.

"Dengan gejolak keuangan global yang tinggi, dukungan foreign exchange sangat penting. Saya juga mendukung peningkatan peran global dan regional financial safety net termasuk melalui SDR swap line dan currency swap facility, seperti Chiang Mai Initiative," ungkap Jokowi.

Negara anggota G20, kata Jokowi, sangat penting untuk mencegah disrupsi produksi distribusi barang. Utamanya, kata dia yaitu bahan pokok dan medis saat pandemi.

"Utamanya bahan pangan pokok dan barang kesehatan," ungkap Jokowi.

 



Berita Lainnya

MUI Diminta Keluarkan Fatwa Haram Mudik

03/04/2020 22:02 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA