Saturday, 04 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemerintah Buka Pendaftaran Relawan Penanganan Corona

Indah Pratiwi - 26/03/2020 20:05

Beritacenter.COM - Pemerintah saat ini membutuhkan ribuan dokter dan perawat untuk penanganan Corona(Covid-19) di Indonesia.

Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19, Andri Rahadian mengakui, pemerintah secara terbuka menyampaikan pembukaan pendaftaran relawan kemanusiaan untuk menangani pandemi Covid-19.

"Memanggil mengajak para relawan menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan. Pada hari ini kami sudah membuat micro di website BNPB, untuk bisa menerima pendaftaran para relawan sekalian," ujar Andri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Pemerintah, kata dia, membutuhkan 1.500 dokter dan 2.500 perawat, untuk berada di garis depan penanganan pandemi Covid-19.

"Saat ini Indonesia butuh 1.500 dokter, terutama dokter spesialis paru, dokter spesialis anestesi dan juga dokter umum. Pranata lab, sekitar 2.500 perawat dan juga bagian administrasi rumah sakit, sampai dengan supir ambulans," ungkapnya.

Para relawan ini terbuka untuk siapapun yang bersedia. Khususnya para mahasiswa akhir bisa memberikan penyuluhan secara online kepada masyarakat maupun pasien. Mereka bisa mendaftarkan diri di situs BNPB.

"Teman-teman mahasiswa tingkat akhir akan menjadi lapis kedua sebagai bagaimana pencegahan. Teman-teman mahasiswa akan membantu konsultasi baik psikologis maupun medis yang akan dilakukan melalui online," jelas Andri.

Nantinya para dokter, perawat, dan petugas administrasi di rumah sakit menjadi garda terdepan persiapan penanganan pandemi ini.

"Gugus tugas berjasama dengan asosiasi, LSM, perguruan tinggi, bersama-sama mengajak semua elemen untuk bergabung jadi relawan, dimana para dokter, perawat serta administrasi rumah sakit, akan berada di gugus depan menangani pasien dan rumah sakit," tutupnya.

 



Berita Lainnya

MUI Diminta Keluarkan Fatwa Haram Mudik

03/04/2020 22:02 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA