Monday, 30 Mar 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Simak Penjelasan Terbaru Jokowi Kenapa Tak Lakukan Lockdown

Lukman Salasi - 24/03/2020 15:31

BeritaCenter.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan mengenai kebijakan lockdown atau penguncian negara secara nasional tidak diambil dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Jokowi menyebutkan bila setiap negara yang menghadapi virus ini memiliki kebijakan sendiri dan menurutnya Indonesia tidak sepatutnya memilih jalan itu.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan. Perlu saya sampaikan bahwa setiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki budaya yang berbeda-beda, memiliki kedisiplinan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kita tidak memilih jalan itu dan itu sudah saya pelajari," kata Jokowi seperti disampaikan dalam akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Menurut Jokowi, dengan mempelajari kebijakan setiap negara yang berbeda dalam menghadapi virus Corona ini, di Indonesia yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman.

“Itu yang paling penting, kalau itu bisa kita lakukan saya yakin bahwa kita akan bisa mencegah penyebaran COVID-19 ini,” sebutnya.

Diakuinya, kebijakan soal social atau physical distancing membutuhkan sebuah kedisiplinan dan ketegasan yang kuat. Jangan sampai yang sudah diisolasi masih keluar rumah berbelanja belanja di pasar.

“Saya kira kedisplinan untuk mengisolasi itu yang paling penting,” tutur Jokowi.

Dengan demikian, kata Jokowi, kalau kebijakan ini dilakukan dengan penuh disiplin, maka akan berhasil.

“Kalau ini bisa kita lakukan, saya... kembali lagi saya meyakini bahwa skenario yang telah kita pilih akan memberikan hasil yang baik,” tegas Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA