Sunday, 31 May 2020
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Nasional

Dampak Ini Yang Akan Dialami Negara Jika Corona Terus Berkepanjangan

Indah Pratiwi - 20/03/2020 17:13

Beritacenter.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku khawatir ekonomi Indonesia akan terus tertekan apabila wabah corona(Covid-19) terus berkepanjangan. Hal itu bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa di level 2,5-0%.

Banyak negara-negara sudah membuat skenario pelemahan pertumbuhan ekonomi global sebagai dampak corona. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga telah membuat skenario akibat dampat wabah corona.

Namun, ia memprediksi ekonomi Indonesia tahun ini masih bisa mencapai di atas 4%. "Namun, jika masalahnya jauh lebih berat, dimana durasi Covid-19 lebih dari 3-6 bulan, dan kemungkinan terjadinya lock down, dan perdagangan internasional turun di bawah 30%, maka skenario bisa lebih dalam. Pertumbuhan ekonomi bisa 2,5% bahkan 0%," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Sehingga, ia meminta kepada semua pihak agar penananganan Covid-19 terus dilakukan sampai ditemukan vaksin antivirus agar tidak terjadi pelemahan ekonomi nasional.

"Jadi kami lakukan persiapan berdasarkan kondisi. Ini fokus yang kami lakukan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) untuk bisa membantu dengan maksimal," jelasnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA