Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Mulai Hari Jum'at, Delapan Negara Ini Dilarang Masuk ke Indonesia

Baharuddin Kamal - 20/03/2020 00:45 Menteri Luar Negeri Retno Marsudi .

Beritacenter.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak memperbolehkan turis dari delapan negara masuk ke wilayah Republik Indonesia mulai hari ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Kebijakan ini akan mulai berlaku pada hari Jumat, tanggal 20 Maret, pukul 00.00 WIB. Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan," ujar Retno dalam keterangan di website resmi Kemlu seperti dilihat detikcom, Jumat (20/3/2020).

Retno mengatakan, turis dari 8 negara tersebut dilarang masuk ke wilayah RI dalam kurun 14 hari ke depan. Kedelapan negara itu diketahui sebagai negara-negara dengan banyak kasus virus Corona.

"Negara-negara tersebut adalah Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, Inggris," kata Retno.

Retno menjelaskan, bagi WNI yang berlibur ke negara-negara tersebut juga akan menjalani pemeriksaan tambahan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setiba di Tanah Air. Apabila pemeriksaan tambahan menemukan gejala awal COVID-19, akan dilakukan observasi pada fasilitas pemerintah selama 14 hari.

"Apabila tidak ditemukan gejala awal, maka sangat dianjurkan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari," ujar Retno.




Berita Lainnya

Begini Kata Menkes Jakarta Perlu PSBB

07/04/2020 22:24 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA