Monday, 18 Jan 2021
Temukan Kami di :
News

Ini Tanggapan Hidayat Nur Wahid Soal Komentar Gatot Makmurkan Masjid di Tengah Wabah Virus Corona

Dewi Sari - 19/03/2020 10:20

Beritacenter.COM - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) angkat bicara mengenai pernyataan Mantan Panglima TNI Jendral (Purn) Gatot Nurmantyo yang menggaungkan gerakan memakmurkan salat berjmaah di Masjid ditengah wabah virus Corona (Covid -19). Menurutnya, kebijakan untuk tidak salat berjmaah di masjid bukanlah bentuk phobia.

"Pak Gatot, bahkan Vatikan juga tutup Gereja-gereja di Roma, Betlehem ditutup juga. Jadi itu bukan untuk phobia terhadap Masjid," tulis HNW melalui akun Twitternya, Kamis (19/3/2020).

HNW menuturkan itu hanya untuk bersifat sementara menutup masjid mengantisipasi penyebaran virus corona. Sudah banyak negara - negara selain Indonesia yang menutup akses untuk mengantisipasi wabah corona.

"Dan bukan hanya di Indonesia, di Saudi Arabia, Mesir, Turki, Malaysia juga," lanjutnya.

Lagipula, kata HNW, kebijakan itu hanya untuk sementara demi mencegah penyebaran virus Corona. Dia menegaskan, agama pun mengajarkan untuk mencegah sesuatu yang membahayakan.

"Tapi itu hanya selama darurat Corona. Pak, Agama ajarkan cegah yang berbahaya & membahayakan," kata HNW.

HNW menilai memakmurkan masjid adalah hal yang baik. Namun, saat ini sedang terjadi wabah yang sangat mengerikan hingga seluruh negara menutup akses pergerakan warganya agar tidak tertular.

"'Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkn Masjid & Salat Berjemaah Lawan Corona'. Makmurkan Masjid tentu baik. Tapi bila dikaitkan Korona, Ulama lah Panglimanya. Dan untuk itu sudah ada fatwa-fatwa dari Persatuan Ulama Se Dunia, Ulama Senior Saudi Arabia, Ulama al-Azhar dll," tuturnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA