Tuesday, 07 Jul 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Tangkap 2 Penyebar Hoax Corona di Sumsel, Salah Satunya PNS Puskesmas

Aisyah Isyana - 18/03/2020 19:50

Beritacenter.COM - Pelaku penyebaran berita bohong alias hoax terkait Corona, HNI (20), diamankan jajaran Satreskrim Polres Muaraenim, Sumatera Selatan. Tak hanya itu, polisi juga mengamankan satu oknum PNS di salah satu Puskesmas.

"Benar kami telah mengamankan seorang pelaku HNI. HNI diamankan karena sudah menyebarkan hoax ada yang meninggal di Sukabumi karena virus Corona," ujar Kasat Reskrim, AKP Dwi Satya saat dikonfirmasi, Rabu (18/3/2020).

Baca juga : Polisi Bongkar Praktik Prostitusi Berkedok Karaoke di Karawang, 10 Pemandu Lagu Diamankan

Polisi menangkap HNI setelah memposting kabar bohong alias hoax yang membuat warga khawatir di media sosialnya, pada 4 Maret lalu. Penangkapan terhadap HNI dilakukan polisi pada Selasa (17/3/2020) kemarin.

"Postingannya membuat masyarakat yang membaca khawatir. Padahal kejadian tidak ada," katanya.

Pelaku saat ini masih diperiksa secara intensif oleh penyidik gabungan Polres Muaraenim dan Polda Sumsel. Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, HNI ternancam Pasal 14 ayat (1) UU ITE dengan ancaman penjara maksimal 10 tahun.

Tak hanya HNI, polisi juga meringkus oknum PNS yang berdinas di salah satu Puskesmas di Palembang. Oknum PNS itu diamanakan jajaran Subdit Siber Reskrimum Polda Sumsel.

"Iya benar. Ada seorang PNS, perempuan dinas di Puskesmas kami amankan untuk diperiksa terkait itu (hoax Corona)," tegas Kasubdit Siber Reskrimsus Polda Sumsel, Kompol Adhi.

Saat ini, oknum PNS itu masih menjalani pemeriksaan dan pengembangan kasus. Adhie masih belum dapat memastikan apakah Adhi akan ditahan atau tidak.

"Masih lidik untuk dikembangkan lagi. Jadi masyarakat jika menerima pesan harusnya disaring dulu, difilter dulu atau cek sumber dari mana. Tetapi tim Siber kami juga terus patroli untuk menangkap hoax," tutup Adhi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA