Saturday, 24 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

Laboratorium UI dan Eijkman Ditunjuk Untuk Periksa Spesimen Corona

Aisyah Isyana - 17/03/2020 16:45

Beritacenter.COM - Pemerintah masih berupaya mencegah peyebaran virus Corona (COVID-19). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menunjuk laboratorium tambahan di Jakarta guna melakukan tes spesimen Corona, yakni laboratorium Universitas Indonesia (UI) dan Eijkman.

"Nggak lama lagi di Jakarta juga laksanakan oleh lembaga Eijkman, laboratorium Universitas Indonesia, dan Balai Besar Teknologi Kesehatan Lingkungan Kemenkes Jakarta. Kami harap setidaknya minggu depan pemeriksaan sudah bisa dilaksanakan banyak tempat," ujar Jubir Pemerintah terkait Corona, Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Baca juga : Update Terbaru Corona di Indonesia, Pasien Positiv Covid-19 Bertambah Jadi 172 Kasus

Selain itu, Yuri juga menyebut pemirintah telah menunjuk laboratorium di daerah. Menurutnya, laboratorium Universitas Airlangga Surabaya juga sudah beroperasi untuk melakukan tes spesimen Corona.

"Secara umum saya katakan koordinasi kami ke pusat daerah berjalan baik, kemudian beberapa institusi yang memiliki kapasitas pelaksanaan spesimen dalam rangka temukan COVID-19 sudah berjalan, laboratorium penyakit menular Unair sudah laksanakan fungsinya, dan sudah melaksanakan spesimen sebagaimana mestinya," jelasnya.

Dengan ditunjukknya laborotorium tambahan di beberapa daerah, jelas Yuri, diharapkan dapat lebih memudahkan penanganan pasien virus Corona. Dia mengatakan, pemerintah masih terus akan menyiapkan laboratorium tambahan.

"Oleh karena itu, jumlah ini memperpendek pengiriman spesimen dari rumah sakit ke lab. Kita berharap Surabaya nggak hanya Unair, tapi juga Balai Besar Teknologi Kesehatan Lingkungan Surabaya, kemudian di Jogja dan Banjar Baru, akan kami siapkan balai besar lainnya untuk pemeriksaan spesimen lainnya," pungkasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA