Thursday, 13 Aug 2020
Temukan Kami di :
Bisnis

Gara - Gara Virus Corona, Pengusaha Hotel dan Restoran Alami Kerugian Puluhan Triliyun

Dewi Sari - 12/03/2020 16:32

Beritacenter.COM - Virus corona memberikan dampak buruk bagi sektor pariwisata di dunia termasuk Indonesia. Sejak virus ini masuk ke Indonesia, para industri pengusaha hotel dan restoran mengalami kerugian.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Hariyadi Sukmadani menuturkan sampai saat ini pengusaha hotel dan restoran mengalami kerugian mencapai US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21 triliun (kurs Rp 14.000).

"Potensi kerugian untuk sementara waktu dari Januari sampai hari ini perkiraan kami paling tidak sudah mengalami kerugian US$ 1,5 miliar," kata Hariyadi dalam diskusi Dampak Corona Terhadap Sektor Pariwisata, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Kerugian itu baru berdasarkan perkiraan wisatawan China yang menghabiskan sekitar US$ 1.100 dalam sekali perjalanan ke Indonesia. Ditambah lagi wisatawan lokal juga menahan bepergian.

"Jadi itu baru asumsi yang hilang separuhnya saja itu sudah US$ 1,1 miliar. Lalu ikutannya dari negara-negara yang membatalkan, lalu juga dari domestik membatalkan kepergian dan sebagainya itu sudah US$ 400 juta sendiri," sebutnya.

Hariyadi mengatakan akibat dari virus corona ini okopunsi mencapai 30 % saja. Hal itu terjadi di wilayah Jakarta, Manado, dan Bali.

"Sampai hari ini di sektor restoran dan hotel itu sudah mulai sangat terasa dampaknya. Sampai hari ini di Jakarta itu okupansi sekitar 30%. Manado, Bali juga. Ini pasti akan terdampak ke lainnya," sebutnya.




Berita Lainnya

4 Tips Memulai Bisnis agar Cepet Sukses

12/08/2020 16:30 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA