Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Fenomena Supermoon yang Dikenal 'Bulan Cacing Penuh' Hiasi Langit Indonesia Malam Ini

Aisyah Isyana - 09/03/2020 15:40

Beritacenter.COM - Fenomena alam supermoon yang disebut dengan nama 'Bulan Cacing Penuh', diketahui akan terjadi malam nanti. Fenomena alam itu akan membuat bulan nampak lebih besar ketimbang yang terlihat malam-malam biasanya.

"Fenomena Bulan Cacing Penuh akan bisa disaksikan sepanjang malam di Indonesia bila langit tidak berawan," kata Kepala Bidang Diseminasi pada Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Emanuel Sungging Mumpun, Senin (9/3/2020).

Baca juga : TOP! Panglima TNI dan Kapolri Rilis Aplikasi Lancang Kuning Nusantara Atasi Karhutla

Kenapa bulan purnama itu disebut 'Bulan Cacing Penuh', diketahui karena suku-suku pribumi di Benua Amerika yang mengamati fenomena itu mendapati ada cacing-cacing yang keluar dari tanah yang melunak saat purnama terjadi.

Adapun fenomena itu juga dikenal sebagai Full Crow Moon, Full Crust Moon, Full Sap Moon, dan Lenten Moon. Emanuel menyebut Bulan Cacing Penuh ini memang diameternya akan lebih besar dari purnama biasanya.

"Sebetulnya purnama biasa, tapi kalau dihitung diameternya, lebih besar mencapai sekitar 30% lebih besar daripada rata-rata," kata Emanuel.

Sementara itu, LAPAN menyebut akan ada beberapa fenomena antariksa pada bulan Maret ini. Beberapa diantaranya yakni, March Equinox pada 20 Maret nanti dan penampakan Venus di Elongasi Timur Maksimum pada 24 Maret nanti.

Selain itu, juga ada momen merkurius di Elongasi Barat Maksimum pada 24 Maret. Masih pada 24 Maret, akan ada bulan baru yang terletak di sisi bumi yang sama dengan matahari dan tidak akan terlihat di langit malam.




Berita Lainnya

Instagram Hadirkan Fitur Perangi Bullying

20/05/2020 17:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA