Tuesday, 31 Mar 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Soal Pabrik Masker Ilegal di Cakung, Polisi: Bahan dan Mesin Didatangkan dari China

Mereka mendatangkan mesin-mesin ini dari China juga bahan-bahan dari Cina

Aisyah Isyana - 28/02/2020 20:35

FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Penggerebekan dilakukan polisi terhadap pabrik yang memproduksi 30 ribu maskier ilegal di Cakung, Jakarta Utara. Polisi menyebut bahan dasar produk masker dan mesin pabrik itu didatangkan langsung dari China.

"Mereka mendatangkan mesin-mesin ini dari China juga bahan-bahan dari Cina," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di lokasi penggerebekan, Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (28/2/2020).

Baca juga : Polda Metro Grebek Pabrik Penimbun 30 Ribu Masker Tak Berstandar di Cakung Jakut

Yusri menyebut para pelaku memanfaatkan situasi terkait kebutuhan masker di masyarakat ditengah wabah virus Corona merebak di dunia. Terlebih, mesin yang ada di pabrik itu juga cenderung masih-baru-baru.

"Jadi memang betul, ini semua mesin ini mesin baru karena dia mulai beroperasi sejak Januari 2020. Dia membaca situasi bahwa masker ini sangat dibutuhkan sekali dan harganya bisa 10 kali lipat dari harga biasa," ucapnya.

Hasil produksi masker yang dibuat pabrik itu, jelas Yusri, tak memiliki standar dari dinas kesehatan dan standar nasional Indonesia (SNI). Yusri juga menyebut masker-masker itu juga tidak terdapat antivirus.

"Tidak ada standar dari kesehatan, tidak ada standar nasional Indonesia atau SNI. Saya sudah katakan tadi bahwa aturan untuk masker seperti ini harusnya ada (lapisan) antivirus di tengah-tengahnya, tapi ini nggak ada sama sekali pelindungnya," ujar Yusri.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA