Friday, 03 Jul 2020
Temukan Kami di :
Keuangan

Bank Indonesia Gelontorkan Ratusan Triliun Untuk Selamatkan Rupiah

Indah Pratiwi - 28/02/2020 18:21

Beritacenter.COM - Bank Indonesia(BI) mengaku telah menggelontorkan dana Rp100 triliun untuk mengatasi rupiah di pasar keuangan agar tidak terperosok lebih dalam di saat wabah virus corona menjadi perhatian dunia.

"SBN yang dilepas investor asing, mereka melepas dan BI beli. Termasuk perbankan dalam negeri juga beli SBN yang dilepas asing. Yang sudah kami beli tahun ini secara keseluruhan sampai 27 Februari itu ada Rp 100 triliun, kita beli di pasar sekunder," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (27/2/2020).

Dari total Rp100 triliun itu, kata dia, sebesar Rp78 triliun SBN sudah dibeli Bank Indonesia sejak akhir Januari kemarin. Langkah ini untuk mengurangi risiko kerugian negara di bidang perekonomian.

"Otoritas moneter pun telah melakukan tripel intervensi, baik di Surat Berharga Negara (SBN), saham, hingga transaksi lindung nilai rupiah atau Domestic Non Delivery Forward (DNDF)," paparnya.

BI, kata dia, akan selalu berada di pasar untuk menstabilkan nilai tukar rupiah di pasar keuangan khususnya obligasi pemerintah.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA