Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Ponsel Baru dari Luar Negeri Juga Harus Registrasi IMEI Kalau Tak Mau Diblokir

Aisyah Isyana - 27/02/2020 20:52

Beritacenter.COM - Warga Negara Indonesia (WNI) atau turis yang kedapatan membawa smartphone terbaru dari luar negeri, diimbau untuk segera mengaktifkan perangkat mereka begitu tiba di Indonesia.

Tak hanya menyasar ponsel ilegal dalam negeri saja, validasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) juga berimbas ke smartphone baru yang dibawa dari luar negeri.

"Ketika tidak didaftarkan masuk di Bea Cukai, dia lupa, keluar, maka HP-nya dianggap ilegal dan pastinya terblokir. Jadi, barang bawaan harus didaftarkan. Kalau lupa, sudah selesai," ujar Kepala Subdirektorat Industri Peralatan Informasi dan Komunikasi, Perkantoran, dan Elektronika Profesional Kemenperin Najamudin di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dalam hal ini, Nejamudin menyebut Kemenperin telah bekerjasama dengan Bea Cukai untuk menfasilitasi pendaftaran ponsel yang dibawa WNI atau turis yang datang ke Indonesia.

"Kita dengan Bea Cukai sudah sepakat untuk melakukan pendaftaran ketika turis atau WNI masuk ke Indonesia. Diharapkan mereka untuk lapor (terkait barang yang dibawanya)," kata Najamudin.

Nejamudin mengakatan, pendaftaran dapat dilakukan melalui Device Registration System (DRS) diberlakukan setelah aturan IMEI berlaku pada 18 April mendatang. Sejauh ini, aturan IMEI itu masih dalam fase sosialisasi pasca diteken 18 Oktober 2019 lalu.

Kedepannya, sosialisasi rencananya akan dilakukan selama enam bulan, dimana 18 April 2020 nanti akan diterapkan guna memberantas peredaran ponsel BM atau ilegal.

Untuk diketahui, aturan IMEI sudah dirumuskan pemerintah sejak 2015 lalu. Pemeritah juga telah meneken masing-masing peraturan terkait pengendalian ponsel BM di tanah air melalui tiga kementerian, yakni Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.




Berita Lainnya

Instagram Hadirkan Fitur Perangi Bullying

20/05/2020 17:07 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA